Mohon tunggu...
Elviza Diana
Elviza Diana Mohon Tunggu... Freelancer - Penjelajah kata

Ibu,penulis,jurnalis,dan penjelajah

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Belajar Welas Asihnya Nopra Suciasih

8 Mei 2020   23:17 Diperbarui: 8 Mei 2020   23:14 402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berjejer sekantong beras, minyak sayur dan buah pepaya di meja keil di depan rumah. Hari ini Nopra baru saja panen pepaya yang ditanamnya di sekeliling rumahnya. Jadi ada pepaya yang bisa dia bagikan gratis kepada siapa saja yang lewat dan membtutuhkan. Kegiatan berbagiyang cukup unik ini sudah dilakukannya sejak awal Maret lalu. Nopra terpanggil untuk berbagi saat dia tersentak melihat seoang bapak pemulung yang masih mencari sampah tengah malam.

" Ga sengaja lihat bapak bapak lagi duduk dipinggir trotoar jalan bandara baru Candra, lagi ngais nasi kotak sisa, saya mau makan sop dan nasi goreng dengan suami.Saya benar-benar terenyuh lihat itu, dan sejak malam itu bertekad untuk berbagi apa saja semampu saya untuk yang butuh," katanya. 

Nopra berbagi dari hasil keuntungan jualan online yang dia lakukan setiap harinya. Nopra menjual berbagai perlengkapan rumah tangga dan baju

"Saya sendiri Nyisihkan dari hasil jualan online. Kalau dibilang berlebih gak juga. Kebetulan suami kena PHK juga efek Corona ini dari Maret kemaren,"ujarnya sambil tersenyum.

Saya terguguh mendengar dia bercerita. 

dok. Nopra Suciasih
dok. Nopra Suciasih
Nopra mengaku awalnya banyak yang tidak berani mengambil paket-paket yang dia letakkan di depan rumah. Dia sengaja meninggalkan begitu saj barang-barang subangannya, agar menghindari si penerima tidak merasa malu. 

"Awal mulanya letakkan kurma dan kue dalam plastik Orang orang hanya lewat lihatin Mungkin pada heran itu apa Saya letakkan 30 bungkus hanya 5 yang diambil Saya sengaja tidak diluar, takutnya mereka sungkan kalau ada saya diluar".

"Hari kedua Saya tuliskan jenis barang nya Beras  dan Kurma Silahkan diambil gratis".

Selanjutnya Nopra juga menggunakan media sosaila untuk menjangkau orang yang lebih luas. Agar merata, teman-teman dan pelanggan dagangan onlinenya bisa merekomendasikan tetangga tau kenalan mereka yang membutuhkan. 

"Alhamdulillah Respon cukup banyak, beberapa kawan yang komentar di wa dan inbox. Ada tetangga nya yang kurang dengan keterangan ini dan itu Saya persilahkan ambil sendiri dan bantu salurkan,"katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun