assalamualikum wr.wb.
hari ini saya akan menjelaskan dan memberi pengetahuan tentang filsafat pendidikan idealismeÂ
pengertian filsafat pendidikan idealisme
filsafat idealisme memiliki pengertian bahwa semua hakikat pada segala sesuatu ada pada tataran ide. Filsafat idealisme ini mengevaluasi alirannya memalui lisan, karena lisan itu merupakan sumber yang dapat mempengaruhi pesrta didik. aliran ini menekankan pada ide-ide manusia, jadi aliran ini bisa terwujud atas pemikiran manusia itu sendiri, metode ini bisa digunakan untuk mengkonstribusi dengan melihat kurikulum yang ada pada sekolah tersebut.
Tokoh aliran filsafat pendidikan idealisme
1. Plato
plato berpendapat kita tidak akan mendapat pengetahuan sejati jika kita melihat segala sesuatau itu dapat berubah, jadi menurut plato kita dapat memperoleh pengetahuan sejati dengan menggunakan akal dan fikiran kita. panca indra tidak bisa dipercaya dalam aliran ini karena setiap orang emmiliki prespektif berbeda-beda.
palto memiliki 2 metode dalam aliran ini
a. metode tingkatan dasar
metode ini biasanya digunakan seseorang untuk bagaimana cara bermain peran, biasanya metode ini digunakan oleh paud, tk dan anak Sd.
b. metode tingatan tinggi