Mohon tunggu...
Elvida Busma
Elvida Busma Mohon Tunggu... Writer

Menulis adalah cara berbagi dengan sesama tanpa dibatasi ruang dan waktu

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Telaga Biru Cisoka, Wisata Alam Ramah Kantong

20 September 2019   15:52 Diperbarui: 20 September 2019   15:53 76 7 3 Mohon Tunggu...
Telaga Biru Cisoka, Wisata Alam Ramah Kantong
Gambar: koleksi Pribadi

Akhir pekan akan tiba, berkumpul sambil berwisata bersama keluarga adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu dan sejenak melepaskan diri dari rutinitas. Jika Anda berdomisili di daerah  Jabotabek dan sekitarnya  ingin mengunjungi sebuah lokasi wisata yang tenang, jauh dari hiruk pikuk kota, Anda dapat mencoba mengunjungi Danau Biru, Cigaru. Tempat wisata ini selain Intagramable juga ramah kantong.

Terletak di Kampung Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Uniknya danau ini bisa berubah warna sesuai perubahan cuaca dan lingkungan sekitarnya, danau biru  lebih dikenal dengan sebutan Telaga Biru Cisoka.

Gambar: koleksi Pribadi
Gambar: koleksi Pribadi
Lahan seluas 4 hektar ini dulu  bekas penambangan pasir. Seiring waktu lubang bekas galian pasir  digenangi air sehingga membentuk danau yang berwarna biru terang, terkadang berwarna hijau terang. 

Bila memasuki musim hujan, danau tersebut sering kali berubah warna menjadi biru tua dan bila memasuki musim kering seperti sekarang terkadang berwarna coklat.

Telaga Biru Cisoka diresmikan sebagai objek wisata sekitar bulan Mei 2015. Saat ini Telaga Biru Cisoka sudah memiliki wahana permainan air, kolam renang, pantai buatan, fasilitas outbond dan karaoke. 

Selain itu jika Anda ingin mencicipi kuliner daerah ini juga tersedia beberapa tempat makan, yang dijamin tidak bikin kantong jebol. Dan untuk kenang-kenangan juga tersedia souvenir khas Cisoka.

Untuk pengembangan Telaga biru dan penyediaan fasilitas dikelola warga dengan dukungan pemerintah setempat agar dapat memberi rasa nyaman dan aman bagi pengunjung yang datang.

Gambar: koleksi Pribadi
Gambar: koleksi Pribadi
Untuk sampai ke Telaga Biru, Cisoka bisa dijangkau dengan kereta, kendaraan umum lainnya atau kendaraan pribadi Menurut warga setempat ( Acin, 50 tahun) "Akan ada sebuah bus wisata yang mengantarkan pengunjung yang datang dari Stasiun Tigaraksa menuju ke sini." ucapnya.

Jika menggunakan jalur tol, maka objek pariwisata bisa dicapai dengan keluar gerbang Tol Balaraja Barat, Talagasari. Dari sana memakan waktu sekira 40 menit untuk sampai lokasi.

Suasana yang tenang dan air danau yang bisa berubah warna dengan hamparan pasir dan tebing menjadi pemandangan yang indah menambah pesona danau.

Untuk Anda yang senang berswafoto dapat mengabadikan momen berharga bersama keluarga berlatar belakang hiasan kayu berbentuk hati yang berada di tengah danau. Atau berfoto ria di atas bebek air.

Wisatawan  pun dapat membeli souvenir berupa pernak-pernik yang dijual di sekitar danau yang merupakan kerajinan tangan warga asli dari Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Selain itu Telaga Biru, Cisoka juga memiliki rumah pintar yang diperuntukan bagi anak-anak sekitar danau untuk bermain sambil  belajar karena diharapkan selain tempat wisata Telaga Biru bisa menjadi media edukasi.

Nah, apakah Anda tertarik untuk berakhir pekan di Telaga Biru Cisoka? Yuk datang kesini, selain itu Anda dapat mengunjungi objek wisata lainnya seperti Tebing Koja dan Keramat Solear yang tak kalah menarik, karena jaraknya tidak jauh dari Telaga Biru Cisoka.

VIDEO PILIHAN