Gaya Hidup Pilihan

5 Hal yang Perlu Diperhatikan bagi yang Mudik Menggunakan Motor

30 Juni 2016   14:54 Diperbarui: 1 Juli 2016   23:31 58 1 1

Tidak terasa kurang dari satu minggu lagi waktu libur yang cukup panjang akan segera tiba. Tradisi pulang kampung atau yang biasa disebut dengan mudik memang telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia setiap waktu libur tiba. Setiap orang tentu memiliki cara mudik yang berbeda-beda untuk melakukan perjalanan mudik. Ada sebagian orang yang lebih suka menggunakan transportasi umum, seperti bus, kereta api, pesawat terbang, ataupun kapal laut. Ada juga sebagian orang yang lebih memilih untuk pulang kampung dengan kendaraan pribadi, seperti mobil ataupun sepeda motor. Indonesia sendiri memiliki jumlah yang tinggi akan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Berikut di bawah ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bagai para pemudik yang memang ingin melakukan perjalanan pulang kampung dengan sepeda motor:

Kelengkapan Surat-Surat Sepeda Motor

Sebelum anda melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor, anda harus memastikan bahwa surat-surat sepeda motor yang anda bawa lengkap, mulai dari SIM, STNK, KTP, dan lain-lain. Di dalam perjalanan pulang kampung nanti, tentu anda akan berhadapan dengan situasi lalu lintas yang padat, sehingga anda juga harus bersiap-siap untuk menghadapi pemeriksaan yang diadakan oleh pihak kepolisian. Tentu anda tidak menginginkan untuk membayar denda atau bahkan sepeda motor anda ditahan karena anda tidak membawa surat-surat keterangan sepeda motor anda. Mematuhi peraturan lalu lintas juga merupakan kunci keselamatan anda ketika mudik.

Memeriksa Kondisi Sepeda Motor

Selain kelengkapan surat-surat sepeda motor, tentu hal terpenting yang selanjutnya benar-benar harus anda perhatikan adalah kondisi sepeda motor anda sendiri. Sebelum melakukan perjalanan mudik, akan baik sekali apabila anda terlebih dahulu melakukan service terhadap sepeda motor anda, mengganti oli, memeriksa kondisi rem depan serta belakang, kondisi kedua buah ban, kondisi lampu, dan lain-lain. Hal ini sangatlah penting karena nantinya anda akan melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan sepeda motor tersebut dan anda juga akan cukup kesulitan untuk menemukan bengkel pada daerah-daerah yang cukup terpencil.

Memperhatikan Barang Bawaan

Setelah surat-surat keterangan sepeda motor lengkap dan kondisi sepeda motor anda juga baik, maka hal selanjutnya yang benar-benar harus anda perhatikan adalah barang-barang yang akan anda bawa mudik. Hal ini sangat penting, karena tidak sedikit pengendara motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas akibat membawa beban yang berlebihan. Oleh sebab itu, anda harus mengutamakan barang-barang yang memang menjadi prioritas dan meninggalkan barang-barang yang tidak diperlukan di rumah. Selain itu, membawa barang-barang secara berlebihan juga akan menyebabkan anda dan juga orang yang duduk bersama anda merasa tidak nyaman akibat ruang yang sempit.

Memperhatikan Kesehatan

Sudah tentu perjalanan mudik anda tidak akan lancar dan nyaman apabila kesehatan anda juga tidak baik, apalagi jika anda memaksakan mudik dengan kondisi badan yang sakit, tentu hal tersebut akan sangat berbahaya bagi anda dan juga orang-orang yang bersama anda. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sebelum waktu mudik tiba adalah suatu keharusan sehingga anda dapat mengendarai motor dengan nyaman, kuat, dan berkonsentrasi. Membawa beberapa obat-obatan juga merupakan keputusan yang bagus, sehingga apabila di tengah perjalanan anda merasakan sakit ringan, seperti pusing atau masuk angin, maka anda dapat beristirahat sejenak untuk meminum obat dan melanjutkan perjalanan ketika anda sudah kembali segar. Sangat penting untuk mengunjungi posko kesehatan mudik yang disediakan oleh pemerintah pada jalur-jalur mudik apabila memang dibutuhkan.

Menggunakan Perlengkapan Mengendarai Motor

Hal terpenting lainnya yang tidak boleh lepas dari perhatian anda adalah perlengkapan anda ketika hendak mengendarai sepeda motor untuk mudik. Hal ini sangatlah penting karena juga akan menentukan keselamatan anda, seperti menggunakan helm, penutup hidung atau masker, jaket, sarung tangan, celana panjang, kaos kaki, sepatu, dan juga membawa jas hujan. Selain itu anda juga harus memastikan bahwa anda membawa uang yang cukup, sehingga apabila anda butuh untuk membeli sesuatu di jalan maka anda sudah siap. Telepon genggam anda pun akan sangat berguna untuk melihat jalan melalui peta di internet apabila mungkin anda tersesat. Sebelum berangkat tentu anda harus berdoa kepada Tuhan, sehingga Dia menjaga anda dan keluarga anda selamat sampai di tujuan atau kampung halaman.