Mohon tunggu...
Elva Susanti E
Elva Susanti E Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis adalah salah satu cara berbagi yang abadi

Blogger, Buzzer, Influencer, yang hobi membaca dan traveling.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Faedah Memaafkan atau Dimaafkan Orang Lain

13 Mei 2021   23:14 Diperbarui: 13 Mei 2021   23:20 934
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah disakiti? Bagaimana rasanya? Pasti saja sangat tidak enak di hati, bahkan bisa membuat orang yang disakiti tersebut lama untuk bisa move on kembali. Tapi, jika mengalami hal demikian, apakah kita mesti membalas perbuatannya tersebut?

Ya, memberi maaf kepada seseorang yang menyakiti perasaan kita tentunya tidaklah mudah, bahkan tidak sedikit orang yang akhirnya mengalami depresi, lalu berbuat keburukan untuk orang yang telah menyakiti hatinya tersebut, sebagaimana berita baru-baru ini, yang mana seorang mantan kekasih membunuh mantan kekasihnya tersebut karena tidak terima diputusi. Naudzubillah, semoga kita tidak termasuk golongan orang-orang seperti itu.

Marah terhadap sikap dan perbuatan orang yang menyakiti kita boleh-boleh saja, akan tetapi jangan sampai membuat kita nekad untuk melakukan perbuatan keji yang sama. Tahukah kamu, jika memaafkan ternyata mampu menambah kemuliaan seseorang? Sebagaimana yang diriwayatkan HR Muslim no 2588 yang berbunyi 'Tidaklah seseorang memaafkan kecuali Allah akan menambah kemuliaannya'.

Faedah Memaafkan

Manusia tak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan, karena itulah Allah SWT akan memuliakan orang yang bersedia memaafkan kesalahan orang lain, bahkan telah menyiapkan pahala untuk orang-orang tersebut. Berikut beberapa faedah yang didapat jika memaafkan kesalahan orang lain.

  • Membuat Hati Menjadi Tenang dan Lapang

Saya pernah mengalami sebuah posisi dimana Saya dihina di depan orang-orang karena di usia pernikahan yang hampir 7 tahun belum kunjung dikaruniai anak. Alhasil, membuat hati dan perasaan Saya menjadi sakit. Bahkan hingga berminggu-minggu lamanya.

Lalu, apakah Saya membalasnya? Tentu saja tidak, toh setiap apa yang kita perbuat pasti akan ada balasanya, jadi Saya berpikir biarlah Tuhan yang membalas semuanya. Dan, setelah ditelisik, ternyata apa yang Saya lakukan itu salah, yang mana mengharap Tuhan membalas perbuatan mereka dengan setimpal-timpalnya.

Lalu, apa yang akhirnya Saya lakukan? Yakni berusaha melupakan peristiwa tersebut dan memaafkan kesalahannya. Usai mencoba hal tersebut, perlahan Saya bisa merasakan sesuatu yang beda di diri Saya, bahkan jadi lebih percaya diri dan membuat hati menjadi lapang.

  • Mendapat Pahala dari Allah SWT.

Sebagaimana yang telah Saya paparkan sebelumnya, jika Allah SWT akan memuliakan orang pemaaf, bahkan Allah SWT pun menyiapkan pahala untuk orang tersebut.

Faedah Dimaafkan Orang Lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun