PENTINGNYA GAYA BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL PENCAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) UNIVERSITAS PEMBANGUNAN VETERAN JAKARTA
PENTINGNYA GAYA BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL PENCAPAIAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) UNIVERSITAS PEMBANGUNAN VETERAN JAKARTA
ELSI SAFITRI
2010611047
PROGRAM STUDI ILMU HUKUM,FAKULTAS HUKUM,UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN JAKARTA
elsisafitri28@gmail.com
ABSTRAK
Gaya belajar merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi prestasi belajar, akan tetapi sampai saat ini faktor gaya belajar sering terlupakan dalam proses pembelajaran. Tidak hanya oleh guru/dosen yang mengajar tetapi juga oleh individu yang belajar. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan 40 mahasiswa jurusan biologi yang menunjukkan bahwa sebagian besar (80%) belum sepenuhnya menyadari akan pentingnya memahami gaya belajar, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar, tingkat keseriusan mahasiswa dalam melaksanakan gaya belajarnya, ada tidaknya perbedaan hasil belajar (IPK) di antara tiga macam gaya belajar mahasiswa Biologi yang ada, dan korelasi antara tingkat keseriusan dengan hasil belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelasional, sampel ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (kuesioner gaya belajar kemudian kuesioner tingkat keseriusan melaksanakan gaya belajar),. Data yang telah terkumpul dianalisis dan untuk menguji ada tidaknya perbedaan hasil belajar (IPK) di antara tiga macam gaya belajar yang ada digunakan uji Kruskal-Wallis.
ABSTRACT
Learning style is one of the important factors affecting learning achievement, however, until now, learning style factors are often overlooked in the learning process. Not only by teachers / lecturers who teach but also by individuals who learn. This was obtained based on the results of interviews with 40 students majoring in biology, which showed that most (80%) were not fully aware of the importance of understanding learning styles. learning outcomes (GPA) among the three different learning styles of existing Biology students, and the correlation between the level of seriousness and learning outcomes.