Mohon tunggu...
Elshaday Cahya Trima
Elshaday Cahya Trima Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ambil risiko atau kehilangan kesempatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran

3 Desember 2022   22:28 Diperbarui: 3 Desember 2022   23:26 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Inovasi pembelajaran matematika perlu terus dilakukan selaras perkembangan jaman. Salah satu cara melakukan inovasi pembelajaran bagi guru matematika adalah mempelajari dan mengembangkan pembelajaran matematika melalui etnomatematika. Etnomatematika adalah pembelajaran matematika berbasis budaya, oleh karena itu kehadiran inovasi pembelajaran sangat diperlukan sehingga pembelajaran matematika dapat lebih menyenangkan.

Pembelajaran menyenangkan merupakan suatu pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dengan penerapan berbagai metode ajar, sehingga siswa tidak merasa bosan. Salah satu metode ajar yang bisa diterapkan untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menghubungkan materi ajar dengan kehidupan sehari-hari.

Proses pembelajaran di sekolah merupakan proses pembudayaan yang formal bukan semata-mata transmisi budaya dan adopsi budaya tetapi juga perubahan budaya. Karakter siswa dapat diperkuat secara terus menerus dengan mengintegrasikan nilai-nilai etnomatematika karena penerapan konsep etnomatematika dalam pembelajaran tidak hanya berfokus pada pembelajaran matematika saja. Penerapan konsep ini akan mengajarkan siswa mengenai budaya dan nilai-nilai luhur bangsa, yang tentu saja akan berdampak pada pendidikan karakter siswa tersebut.

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat dilakukan dengan menghasilkan produk berupa RPP, LKS, dan media pembelajaran yang dengan mudah digunakan oleh guru. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, pemahaman matematika siswa dan kemampuan siswa dalam mengkonstruksi konsep matematika.

Berdasarkan penjelasan tersebut, menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan dapat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Maka dari itu, etnomatematika bisa menjadi alternatif yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun