Mohon tunggu...
ELSA YULIANTI 221002093
ELSA YULIANTI 221002093 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa universitas Siliwangi

seorang mahasiswa yang sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fashion Muslim Zaman Now

6 Oktober 2022   12:20 Diperbarui: 6 Oktober 2022   12:23 88 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Islam adalah agama yang sempurna yang telah mengatur segala aspek kehidupan manusia secara keseluruhan, baik dari sisi akidah, amal ibadah, akhlak dan budi pekerti, maupun dari sisi muamalah.

Sebagai seorang muslim, kita harus benar-benar meyakini bahwa agama Islam adalah agama yang paling sempurna. Begitupun dengan cara berpakaian, Islam sendiri memiliki adab bagaimana berpakaian menurut syari'at Islam, berpakaian yang baik.

Islam merupakan agama yang dikenal dengan mengenakan pakaian yang sopan, bersih dan menutup aurat sesuai dengan akhlak sebagai muslim terutama bagi wanita.  Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, seperti yang kita tahu perkembangan teknologi sudah lagi meluas dengan memberikan hal baru.

Dengan berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, terdapat pengaruh yang cukup besar terutama dalam hal budaya. Tidak sedikit juga perempuan muslim yang berpakaian layaknya budaya barat yang mana disana kebanyakan mayoritas non muslim sehingga berpakaian pun tidak begitu menutup aurat.  

Dengan demikian, model pakaian ataupun hijab sudah banyak jenisnya. Seringkali kita jumpai beberapa fashion atau pakaian muslim yang ketika dikenakan masih terlihat lekuk tubuh atau bahkan di zaman sekarang ini kerap sekali melihat  seorang perempuan muslim mengenakan pakaian yang menyerupai laki-laki (mix and match) dengan hijab, yang mana bahwasannya "Nabi allallhu 'Alaihi Wa Sallam melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria." (HR. Bukhari)

Sebagai perempuan yang memiliki keindahan, hendaknya mampu menjaga keindahan tersebut dari orang yang tidak berhak melihatnya kecuali pada muhrimnya.

Perempuan seringkali rentan terhadap fitnah karena cara berpakaiannya. Maka dari itu salah satu untuk menjaga diri dari fitnah itu yaitu dengan berpakaian yang santun dan Islam memiliki adab-adab yang bisa diteladani.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan