Sosbud Pilihan

Leaders Community Atma Jogja, Pemimpin yang Melayani

12 Februari 2019   19:49 Diperbarui: 12 Februari 2019   20:24 69 1 0
Leaders Community Atma Jogja, Pemimpin yang Melayani
Kegiatan Leaders Community Menanam 2018 (sumber: dokumen pribadi)


Leaders Community (LC) kembali beraksi menjadi komunitas yang memiliki kepedulian sosial. Salah satu komunitas milik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) ini menunjukkan rasa cinta dan peduli dengan berbagai cara. 

Kali ini LC mengadakan kegiatan yang sesuai dengan misi dan visi komunitas ini yakni mengunggulkan sikap pemimpin anggota dan menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama. Kepedulian terhadap sesama tersebut diwujudkan melalui sikap peduli lingkungan. Mengajar anak-anak dan berbagi berkat bagi orang lain sudah menjadi hal biasa yang dilakukan anggota LC. 

Tahun 2018 ini merupakan tahun yang spesial dimana LC kembali beraksi dengan inovasi baru, yaitu "LC Menanam", yang merupakan program kerja baru dan pertama kali diadakan tahun 2018 ini.

Sadar akan peran sebagai pemimpin dan termotivasi untuk lebih mencintai lingkungan, komunitas ini mengadakan program penanaman pohon dalam rangka mewujudkan pemimpin yang berani melayani bukan hanya sesama manusia saja, melainkan lingkungan tempat tinggal manusia. "We are Leaders. We Save The World, We Save The Future" menjadi tema yang diangkat dalam kegiatan tahun pertama ini. 


Para peserta yang tengah bersiap untuk menanam (sumber: dokumen pribadi)
Para peserta yang tengah bersiap untuk menanam (sumber: dokumen pribadi)
Kegiatan menanam 150 batang pohon Sengon ini berlangsung tepat pada hari Pahlawan Nasional, yaitu 10 November 2018, di Beji, Yogyakarta. Tidak hanya untuk kalangan sendiri, LC juga melibatkan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk ikut berpartisipasi mencintai lingkungan.

Kegiatan ini bermula pukul 06.00 WIB, dimana seluruh peserta dan panitia berkumpul di Kampus II UAJY. Tepat waktu dalam berkumpul, menjadi salah satu poin kepemimpinan yang LC tanamkan bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Sesampainya di Beji, doa, kata sambutan, dan penyuluhan langsung diberikan kepada seluruh peserta. 

Seluruh peserta terlihat sangat tertarik dan tidak sabar ingin membuktikan rasa cintanya kepada lingkungan. Tanpa menunggu terlalu lama, proses penanaman pohon sengon dilakukan. Sejumlah 150 batang pohon sengon dibagi kepada 60 peserta untuk ditanam di lahan yang telah disediakan. Panas dan lelah tidak mampu menghalangi semangat mereka untuk terus menggali dan menanam.

(sumber: dokumen pribadi Leaders Community)
(sumber: dokumen pribadi Leaders Community)
Bukan hanya sekedar sikap cinta lingkungan, seluruh anggota LC mencoba menularkan nilai-nilai pemimpin yang melayani kepada seluruh peserta. Hal ini dapat diterapkan dengan cara membantu teman yang kesulitan menanam, atau melalui kegiatan sederhana seperti mengambilkan minum ketika ada yang haus dan berbagai aksi kepedulian lainnya.

LC Menanam tahun ini ditutup dengan ucapan terima kasih dari kedua pihak sebagai kata penutup dan pemberian plakat bagi pihak Dusun Beji. Kegiatan yang memakan waktu selama kurang lebih tiga jam ini menuai banyak respon positif baik dari peserta, kepala Kantor Kemahasiswaan Alumni dan Campus Ministry UAJY, serta warga Dusun Beji. 

"Ingin ikut untuk kedua kalinya jika LC mengadakan kegiatan ini lagi" ujar salah satu peserta yang sempat diwawancarai oleh anggota LC.

Peserta sedang melakukan kegiatan penanaman (sumber: dokumen pribadi)
Peserta sedang melakukan kegiatan penanaman (sumber: dokumen pribadi)
Sebanyak 28 anggota LC menjadi panitia untuk menyukseskan kegiatan ini. Berbagai hambatan telah dilalui dalam perjalanan menuju hari penanaman, misalnya cuaca yang tidak menentu, masalah pendanaan, sarana prasarana dan hambatan lainnya. Bermodalkan semangat dan sikap optimis, komunitas ini berusaha untuk selalu melayani lebih. 

Seperti kata pepatah, tidak ada usaha yang menghianati hasil, kegiatan penanaman berjalan dengan sukses. Pihak dari Dusun Beji dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengapresiasi kegaiatan LC Menanam 2018 dan berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti hanya sampai disini saja.

Seluruh anggota LC berharap bahwa kegiatan deperti ini akan terus berkesinambungan. Bukan hanya sekedar menanam, namun siap untuk mengunjungi dan memberi perawatan rutin hingga pohon-pohon tersebut bisa berguna bagi masyarakat di Dusun Beji. 

Komunitas sosial ini juga berpesan bahwa lingkungan diciptakan untuk membentuk suatu simbiosis mutualisme yang berarti seluruh makhluk hidup bekerja sama dan tidak ada yang pantas untuk dirugikan. 

Tetap menjaga sikap kepemimpinan yang mampu memimpin terutama memimpin diri sendiri dan jangan lupa untuk selalu siap menjadi pemimpin yang melayani tanpa rasa pamrih. 

Ditulis oleh Vincentius Raymond dan Irene Vellys.