Mohon tunggu...
Elsa Puji Lestari
Elsa Puji Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Senang dalam melakukan hal baru dan mudah beradaptasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampus Mengajar 3: Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SDN Sukamenak 06

8 November 2022   18:33 Diperbarui: 8 November 2022   18:36 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. 

Program ini merupakan transformasi dari Program Kampus Mengajar Perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiswa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

Penempatan program Kampus Mengajar yang saya dan rekan-rekan saya lakukan yaitu di SDN Sukamenak 06 yang beralamat di Jl. Sukamenak No.52, Sukamenak, Kec. Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan dari Februari -- Juni.

Untuk meningkatkan kemampuan Literasi dan Numerasi di SDN Sukamenak 06, maka saya dan rekan-rekan saya sebagai Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 memiliki beberapa program yang dapat diberikan kepada para siswa. Pertama, pemberian quiz ketika jam pelajaran telah selesai. 

Siswa diminta untuk membaca cerita yang telah ditentukan, lalu saya memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa. Apabila siswa dapat menjawab pertanyaan yang saya berikan, maka diperbolehkan untuk pulang terlebih dahulu. Program tersebut berhasil diterapkan setiap akhir pembelajaran karena siswa termotivasi untuk bisa pulang lebih cepat.

Dokpri
Dokpri

Kedua, untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran di kelas, program yang saya terapkan yaitu dengan memberikan bintang kepada siswa yang dapat mengumpulkan tugas dengan cepat dan tepat, lalu ketika siswa dapat mengumpulkan 20 bintang akan mendapatkan hadiah yang telah saya siapkan. Program tersebut berhasil diterapkan kepada siswa kelas 3 setiap pemberian tugas di kelas, sehingga proses pembelajaran di kelas cukup aktif.

Hasil program kampus mengajar yang kelompok saya berikan kepada siswa di SDN Sukamenak 06 yaitu sangat baik, karena siswa-siswi sangat antusias dengan kehadiran kami, mereka sangat senang ketika kami masuk kelas dan dapat memberikan pembelajaran kepada mereka.

Dokpri
Dokpri

Selain menjalankan program yang saya dan rekan-rekan saya buat, saya juga membantu kegiatan yang dilaksanakan di SDN Sukamenak 06, seperti adanya kegiatan vaksinasi untuk seluruh siswa di SDN Sukamenak 06 dari mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari pukul 09.00 WIB s.d Selesai. Siswa kelas 1 tentunya didampingi oleh orang tuanya untuk melakukan vaksinasi di sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun