Mohon tunggu...
elsa narulita
elsa narulita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Menjadi mahasiswa yang inovatif dan inspiratif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Wow, Bumbu Dapur Dijadikan Minuman Peningkat Imun Tubuh oleh Mahasiswa KKN Undip

3 Agustus 2021   06:59 Diperbarui: 3 Agustus 2021   07:07 162 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wow, Bumbu Dapur Dijadikan Minuman Peningkat Imun Tubuh oleh Mahasiswa KKN Undip
Gambar 1. Foto bersama Ibu Ketua PKK RT 001 RW 004 Gajahmungkur/Dokpri

Gajahmungkur (13/07) -- Warga Kota Semarang yang terinfeksi Covid-19 sebesar 1.840 orang pada bulan Juli 2021 minggu ke-3 (Sumber: siagacorona.semarangkota.go.id) , masih tergolong dalam angka yang tinggi. 

Mahasiswa KKN Undip berupaya untuk meingkatkan imunitas tubuh warga untuk menekan angka infeksi Covid-19 melalui minuman dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. 

Kombinasi dari susu dan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, pala dan kayu manis dapat menjadi sebuah minuman yang tidak hanya sehat tetapi lezat dan bermanfaat sebagai Immune Booster atau untuk meningkatkan imunitas tubuh dikala pandemi Covid-19. 

Rempah-rempah bumbu dapur seringkali tidak kita lirik keberadaannya, tetapi justru membawa segudang manfaat. Berdasarkan survey lapangan banyak warga yang belum tahu cara memanfaatkan bumbu dapur sebagai minuman peningkat imun tubuh.  

Kunyit, jahe, pala dan kayu manis dapat berguna sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri, susu merupakan sumber protein hewani yang berperan dalam membentuk sel darah putih, antibodi dan berbagai molekul imun sedangkan gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi dapat bermanfaat bagi penderita anemia dan menjadi sumber energi tambahan bagi tubuh.

Susu dan rempah-rempah mudah ditemukan di area Kota Semarang sehingga warga tidak kesulitan untuk membuat minuman susu rempah gula aren tersebut. Rempah-rempah dan gula aren dapat dengan mudah ditemukan dipasar tradisional sedangkan susu yang dimanfaatkan dapat berbentuk cair maupun bubuk. 

Minuman tradisional kaya rempah yang biasanya hanya dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu dan oleh orang tua saja, tetapi kini menjadi wajib dikonsumsi bagi setiap rumah tangga. Warga RT 001 RW 004 Kelurahan Gajahmungkur banyak yang berkegiatan diluar rumah pada masa pandemic Covid-19 ini. 

Apalagi sebagian dari profesi warga setempat masih harus bekerja dan bertemu banyak orang. Susu rempah gula aren sangat bermanfaat karena mengandung protein, vitamin C, zat besi dan vitamin lain yang cukup tinggi. 

Cara pembuatan minuman susu rempah gula aren dapat dilakukan dengan mudah dalam waktu yang singkat, yaitu :

Gambar 2. Poster Pembuatan Susu Rempah Gula Aren/Dokpri
Gambar 2. Poster Pembuatan Susu Rempah Gula Aren/Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan