Mohon tunggu...
Humaniora Artikel Utama

6 Tips Cara Mengajar Anak TK yang Menyenangkan

7 Juni 2017   18:53 Diperbarui: 9 Juni 2017   10:30 0 2 0 Mohon Tunggu...
6 Tips Cara Mengajar Anak TK yang Menyenangkan
Kunjungan Ke Pemadam Kebakaran. Dokumentasi pribadi

Mengajar anak TK? Mengapa mengajar anak TK? TK adalah jenjang pendidikan dimana anak akan diajarkan menulis, berhitung, dan membaca, ini merupakan pondasi untuk anak berusia dini agar bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Biasanya seorang guru yang baru pertama kalinya untuk mengajar kelas TK akan ada perasaan ketakutan besar. Ketakutan ini bersumber dari kekhawatiran tentang mendapatkan kepercayaan murid, membangun hubungan dan memastikan murid–murid tetap fokus dalam belajar, dan yang pastinya membutuhkan kesabaran.

Dalam mengajar TK menggunakan metode hiburan serta permainan, tetapi hiburan dan permainan itu harus dapat mengarahkan anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, psikomotorik serta afektifnya. Agar anak TK dapat menyerap informasi dengan baik, harus didukung oleh tenaga pendidik yang baik pula.

Tenaga pendidik yang baik adalah mampu menyampaikan informasi yang berkualitas dengan cara yang mudah dan tepat. Karena pada usia TK ini adalah usia emas, setiap informasi yang didapatnya akan ia tanam di otaknya sampai ia dewasa. Ia mudah mengingat apa yang disampaikan oleh gurunya.

Berikut adalah tips mengajar anak TK yang menyenangkan

1. Pemberian Pendidikan Agama

Pemberian pendidikan agama sangat berperan penting dalam menentukan akhlak dan perilaku anak, karena anak pada usia TK akan lebih cepat menyerap informasi. Misalnya sebelum mulai belajar berdoa bersama–sama terlebih dahulu dan membaca doa sehari–hari maupun surat–surat pendek. Dengan membaca bersama anak akan lebih semangat. Selain itu anak juga diajarkan cara menghormati orang yang lebih tua, menghargai dan menyayangi orang lain.

2. Menggabungkan Musik dalam Pembelajaran

Anak usia TK pasti menyukai musik, mereka sangat senang jika bernyanyi. Manfaatkanlah kondisi ini dengan mengajarkan berbagai hal seperti abjad, nama hari, nama bulan, nama hewan, dengan cara dinyanyikan. Dengan bernyanyi akan dapat menambah rasa semangat pada anak tersebut. Menggabungkan musik dalam kegiatan pembelajaran merupakan cara mengajar anak TK yang efektif, selain membuat siswa senang juga dapat membantu meningkatkan anak.

3. Latihlah Ketrampilan Anak

Kegiatan Lomba Mewarnai. Dokumentasi pribadi
Kegiatan Lomba Mewarnai. Dokumentasi pribadi
Kegiatan Olahraga. Dokumentasi pribadi
Kegiatan Olahraga. Dokumentasi pribadi
Mengajar TK dengan melatih keterampilan seperti menggambar, mewarnai, menyanyi, menulis, membaca, melipat kertas, menggunting kertas, olahraga. Hal ini sangat berguna bagi anak untuk mengetahui bakat yang dimilikinya. Setiap anak terlahir dengan potensi yang ada dalam dirinya, dan pootensi itulah yang harus dikembangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x