Mohon tunggu...
Elsa Ainin Dita
Elsa Ainin Dita Mohon Tunggu... Mahasiswa - mhs

keep being a humble human

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Yuk, Menjaga Pola Hidup Sehat

6 November 2021   22:21 Diperbarui: 6 November 2021   22:27 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

            Di lingkungan sekitar kita sepertinya masih banyak orang yang mengabaikan tentang gaya hidup sehat atau bisa jadi kita sendiri juga belum melakukan pola hidup sehat yang sepenuhnya. Seperti pada waktu itu, di pagi hari saya sedang berjalan-jalan di sekitar rumah. Kemudian saya melihat tetangga saya yang sedang membawa sampah dan membuangnya. Akan tetapi sampah tersebut di buang sembarangan oleh tetangga saya. Tidak menunggu terlalu lama, akhirnya saya hampiri tetangga saya tersebut, kemudian saya menegurnya supaya tidak mengulanginya kembali dan saya nasehati bahwa membuang sampah itu harus sesuai pada tempatnya. Jika kita membuang sampah tidak pada tempatnya, maka akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh.

            Setelah itu saya melanjutkan jalan-jalan sambil berolahraga di sekitar rumah saya sambil menghirup udara segar di pagi hari. Oh iya temen temen Olahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat loh untuk kesehatan seperti, tubuh menjadi berenergi, meningkatkan metabolisme tubuh membuat pola hidup menjadi sehat dan masih banyak lagi manfaat yang di dapat  dari berolahraga di pagi hari.

Oke mari kita lanjut, saat di tengah - tengah saya melakukan aktivitas olahraga, perut saya terasa lapar. Akhirnya saya memutuskan untuk pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, saya sudah tidak sabar lagi untuk menyantap makanan yang ada di tempat makan. tapi tunggu dulu, saya hampir melupakan sesuatu, tetapi untung saja orang tua saya mengingatkan, jika setelah melakukan aktivitas di luar rumah maka langkah awal setelah masuk ke rumah yaitu harus mencuci tangan dan kaki terlebih dahulu. Karena setiap permukaan yang kita sentuh dan injak dengan kaki dipenuhi oleh bakteri. Bakteri tidak hanya bersemayam di tanah. Kuman dan bakteri juga ada di sekitar tubuh kita setiap waktu, termasuk di kedua kaki dan sela-sela jemari kaki beserta kuku kita.

            Selepas mencuci tangan dan kaki, saya mengistirahatkan badan dahulu, supaya keringat yang ada di tubuh kering. Setelah itu saya bergegas untuk mandi supaya badan terlihat lebih segar dan fresh. Setelah mandi, saya langung menuju ke dapur mengambil piring dan sendok untuk sarapan pagi. Saat itu ibu saya memasak dengan menu sayur sop dengan ayam yang dibumbui sambal kecap. Masakan sayur sop dengan ayam dibumbui sambal kecap ini adalah menu favorit saya, karena di dalam sayur sop tersebut terdapat beberapa sayuran yang dimana sayuran tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dikonsumsi oleh semua orang. Hingga tak terasa, ternyata makanan saya sudah habis dan jangan lupa setelah makan, minum air putih secukupnya supaya dapat memperbaiki pencernaan.

            Lanjut setelah makan, saya membuka laptop untuk mengerjakan tugas sekolah. Sering kali saat saya sudah berhadapan dengan tugas, saya biasanya terlalu fokus untuk mengerjakannya duduk sampai berjam - jam hingga kadang sampai lupa tidak diselingi dengan meminum air putih dan tidak melakukan olahraga kecil seperti, berdiri sambil berjalan jalan sebentar. Jika kita tidak melakukan kegiatan tersebut maka dapat menimbulkan suatu penyakit.

            Dan mungkin masih banyak lagi kelalaian - kelalaian kita yang dimana kelalaian tersebut dapat menimbulkan suatu penyakit. Kelalaian yang sering dialami oleh anak remaja yaitu kurangnya waktu tidur. Itu juga bisa menjadi salah satu munculnya suatu penyakit. Maka dari itu,  mulai sekarang mari kita lakukan pola hidup sehat supaya diri kita tetap sehat baik secara fisik dan mental.  Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.

             

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun