Pembaharuan dapat diartikan sebagai perubahan ide atau gagasan yang mendorong seseorang dalam bekerja dan berkarya jauh untuk lebih baik dari sebelumnya; atau menghasilkan dimensi kinerja yang baru. Pembaharuan terjadi secara beriringan dengan timbulnya tantangan karena setiap pembaruan menyebabkan orang berada dalam situasi berbeda dan memerlukan penyesuaian diri.
Sedangkan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Jadi pembaharuan pendidikan adalah Upaya secara sadar yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat sebagai pelaksana, pengamat dan pengembang pendidikan untuk mengubah ide dan gagasannya menjadi lebih baik sehingga proses kegiatan belajar dapat berjalan secara efektif dan efisien di mana peserta didik mampu beradaptasi dengan kegiatan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kehidupan dunia nyata (lingkungan hidup) dan perkembangan teknologi.
Sejalan dengan merdeka belajar maka kurikulum 2013 juga mempunyai ciri khas tersendiri yaitu mengarahkan pada wawasan atau pengetahuan dari peserta didik, lalu pada keahlian atau bakat yang dimiliki peserta didik, dan pada tingkah laku peserta didik, yang mana dalam proses pelaksanaan pada kurikulum 2013 lebih menitikberatkan pada kaitan dalam kehidupan sehari-hari yang sering dialami oleh peserta didik, baik itu pengalaman kehidupan sehari-hari dirumah, di sekolah di lingkungan teman bermainnya, dan sebagainya.
Jadi dalam mengupayakan pembaruan terhadap pendidikan indoensia, guru dapat memulainya dengan cara menggabungkan merdeka belajar dengan kurikulum 2013. Hal pertama yang dapat dilakukan oleh guru untuk melakukan pembaruan pendidikan ke arah yang lebih baik adalah dengan memahami secara seksama bagaimana konsep pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 dan merdeka belajar. Salah satu hal yang mendukung untuk mengaplikasikan merdeka belajar ke dalam kurikulum 2013 adalah di dalam kurikulum 2013 terdapat berbagai macam strategi, model dan metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan konsep merdeka belajar.
Namun kita harus menelaah kembali bahwasanya pembelajaran tidak akan terjadi jika hanya administrasi pendidikan yang akan terjadi. "Paradigma merdeka belajar adalah untuk menghormati perubahan yang harus terjadi agar pembelajaran itu mulai terjadi diberbagai macam sekolah."