Mohon tunggu...
Suryan Masrin
Suryan Masrin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Penulis Pemula, Guru SD Negeri 14 Parittiga, pemerhati manuskrip/naskah kuno lokal Bangka, guru blogger

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Upacara HPN dari Ujung Utara Negeri Sejiran Setason

2 Mei 2019   10:06 Diperbarui: 2 Mei 2019   10:21 22 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upacara HPN dari Ujung Utara Negeri Sejiran Setason
Upacara peringatan hari pendidikan nasional di SD Negeri 14 Parittiga - dokpri

Jebu Laut, Parittiga -- Sebagai wujud kebanggaan terhadap pendidikan dan rasa tanggungjawab terhadap pendidikan, SD Negeri 14 Parittiga yang berada di ujung utara negeri Sejiran Setason, melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (HPN), Kamis (2/5/2019) di halaman sekolah. Upacara ini dilaksanakan tidak sebagaimana biasanya yang dilakukan setiap Senin, siswa-siswa juga tidak harus berseragam putih merah sebagaimana biasanya, karena selepas upacara akan kembali ke aktivitas seperti biasa.

Dalam upacara ini, kepala sekolah, Bapak Suminan, S.Pd.SD sebagai pembina upacara memyampaikan amanat dari isi pidato menteri pendidikan dan kebudayaan RI. Sambutan berisi tentang perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan yang bersentuhan lansung dengan dunia pendidikan. Tema yang diangkat dalam peringatan hari pendidikan kali ini adalah "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan". 

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam konteks ini, pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakala pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Begitulah rangkuman isi dari pidato mendikbud yang disampaikan oleh kepala sekolah saat memberikan amanat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN