Mohon tunggu...
Elok Khusna
Elok Khusna Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tengok Kos Sebelah

15 Oktober 2017   12:32 Diperbarui: 15 Oktober 2017   12:52 770
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://rumah.trovit.co.id/ru

Hai sobat, kembali lagi bersama saya nih. Kali ini saya akan membahas temen saya yang sangat luar biasa, mereka tinggal di sebelah kos saya. Kos yang se rumah berisi orang yang memiliki kekurangan., yaitu mereka yang memiliki kekurangan fisik tuna wicara. Menurut para ahli tuna wicara yaitu suatu kondisi ketidak mampuan seseorang untuk mengkomunikasikan gagasannya kepada pendengar (orang lain) dengan menggunakan organ bicaranya. Hal ini bisa disebabkan karena kerusakan otak, celah langit -- langit, bibir sumbing, tunarungu dsb. (patton : 1991).Tuna wicara tersebut juga bisa disebabkan sejak dalam kandungan, bisa jadi karena factor keturunan, kurangnya oksigen waktu dalam kandungan, dan bisa jadi karena factor kelahiran premature.

Menurut pengamatan saya mereka memiliki kekurangan bukanlah hal yang menjadi penghalang semua aktivitasnya. Bahkan saya pribadi sampai iri melihat mereka, kenapa saya kok sampai iri ? karena mereka semua saya akui jempol, solidaritasnya tinggi satu sama lain. Mereka juga sangat ramah pada warga di sekitarnya. Bahkan mereka sangat kreatif -- kriatif contohnya membuat lukisan dua dimensi, dll. Selain kreatif, dia juga seorang mahasiswa di universitas ternama di kota malang. Waww hebatt yaaa..

Selain memiliki kekurangan mereka juga mempunyai kelebihan. Di dalam alquran juga di jelaskan bahwa manusia itu mempunyai kedua tersebut. Yang saya herankan kenapa kos sebelah jika mereka melihat saya dan teman saya mereka agak menghindar dari kami, padahal kami biasa dengan mereka, bahkan kami sangat ingin menjadi teman mereka. Dilihat secara fisik mereka cukup keren -- keren dan ganteng. Hehehehhh.

Nah itulah sedikit cuplikan cerita pendek saya. Kesimpulannya bahwa kurangnya fisik bukanlah hal penghalang seorang untuk sukses, karna sukses itu sendiri bukan tentang kekuatan fisik maupun modal uang yang yang kita miliki, melainkan kemauan, tekad, dan tidak takut gagal.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun