Mohon tunggu...
Kholisatun Nurul Elma
Kholisatun Nurul Elma Mohon Tunggu... Mahasiswa - stay positive, but not in covid

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 21107030053

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama FEATURED

UTBK 2022, Konsentrasi dan Konsistensi dalam Belajar

18 Maret 2022   09:39 Diperbarui: 17 Mei 2022   06:27 1815 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelaksanaan UTBK SBMPTN di Universitas Jember menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Senin (11/4/2021)(DOK. Kompas.com/Dokumentasi Humas Unej)

Tahukah kamu UTBK 2022 sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Kamu dan para sainganmu berlomba-lomba dalam belajar agar bisa lolos UTBK tahun ini. 

Belajar setiap hari, ikut bimbel sana sini dan berdo'a sepanjang hari tengah dilakukan oleh para pejuang UTBK. 

Oleh karena itu, kamu pasti nggak mau kan kalo gagal? Apalagi sainganmu sangat banyak. Jadi mulailah belajar dari sekarang, jangan ditunda-tunda lagi.

Jika kamu sedang mempertanyakan pada dirimu tentang konsentrasi belajar UTBK berjam-jam kok susah banget ya? Kenapa ya kita gampang banget bosan saat belajar? Kenapa sih konsentrasi kita saat belajar mudah teralih? Sebenarnya ada nggak sih cara untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar? Gimana sih caranya supaya bisa konsisten dalam belajar? Itu artinya kamu membuka artikel yang tepat, karena artikel ini akan memberikan solusi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu UTBK. Dikutip dari laman LTMPT. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. Tujuan dari UTBK adalah untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. 

UTBK sendiri memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel, yaitu memilih waktu dan lokasi yang diinginkan. Pada tahun 2021, pelaksanaan UTBK dibarengi dengan SBMPTN.

Apa itu SBMPTN?

SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Yang tujuannya adalah menyeleksi para calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan kriteria lain yang telah ditetapkan bersama.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan jika UTBK merupakan bagian dari pelaksanaan SBMPTN yang dibawahi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil dari UBTK itulah yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Setelah mengetahui apa itu UTBK dan SBMPTN, yang harus kita ketahui selanjutnya adalah cara-cara agar bisa lolos ujian dan seleksinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan