Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Pekerja sekaligus blogger

Ngopi disela tiupan angin. Pekerja yang senang melihat dan menganalisa trend data.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

5 Hal Mengapa BTS Meal Itu Begitu Menggegerkan

10 Juni 2021   18:41 Diperbarui: 11 Juni 2021   06:03 288 15 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5  Hal Mengapa BTS Meal Itu Begitu Menggegerkan
Bangtan Sonyeondan dan Menu BTS Meal MCDonald/Sumber Foto: tribunews.com

Saya sedang bersiap akan test rapid antigen ketika melihat antrian panjang para Ojol di MC Donald dekat Hotel Anugrah Palembang. Saya yang lugu ini (ehm) jelas heran, lalu bertanya-tanya pada kawan-kawan Kompal. Oh. Rupanya sedang pembukaan menu baru BTS Meal. 

Sampai sepanjang dan serame itu....? Begitulah. Saya sempat menjepret, sayang jepretan saya tidak bagus. 

Antrian ojol di MCD Anugrah Palembang/Sumber Foto: sumeks.co
Antrian ojol di MCD Anugrah Palembang/Sumber Foto: sumeks.co
Keramaian dan kegaduhan yang akhirnya ditengahi pak Gubernur. Sudah antri lama dan panjang, mungkin sistem pun jebol sehingga banyak pesanan tercancel. Pak gubernur memberi ganti rugi kepada para Ojol itu sebesar Rp.51.000 per orang. Katanya demi menghindari kerumunan yang bisa berakibat meningkatnya Pandemi Covid-19 di Kota Palembang.

Gubernur Sumsel Ganti Rugi Pesanan BTS Meal kepada Ojol/Sumber Foto: tribun sumsel.com
Gubernur Sumsel Ganti Rugi Pesanan BTS Meal kepada Ojol/Sumber Foto: tribun sumsel.com
Ya pesan makanan online sudah menjadi gaya hidup, apalagi masa Pandemi Covid-19 ini. Kalau googling apa makanan paling laris versi Online, maka salah satunya adalah Ayam Goreng. Di aplikasi Gojek, ayam goreng menduduki peringkat pertama dari 5 kuliner terlaris Tahun 2020. 

Dugaan saya itu bukan ayam goreng ala melayu kita atau Ndeso tapi ayam goreng fast food semacam waralaba KFC, CFC, MCD dll. Ya ayam goreng ala Amrik dengan banyak varian menunya.

Di Asia Ayam goreng waralaba ala Amrik tersebut begitu populer. Dengan atau tanpa penyesuaian dengan lidah Asia, tentu saja. Sebagai contoh Di Jepang yang begitu eksis kuliner lokalnya  ayam goreng KFC sangat favorit. Ayam KFC adalah makanan Favorit saat natal di Jepang 

Saya tidak heran kemaren kegaduhan terjadi ketika MCD mengeluarkan menu baru yang kolaborasi MCD dengan-BTS Meal tersebut. Kegaduhan yang mengakibatkan beberapa gerai MCD ditutup sementara. Saya liat aplikasi Gofood di Gojek, MCD tutup.

Ya  Makanan kegemaran Bangtan Sonyeondan, si Grup K-Pop yang dulunya kinyis-kinyis itu. Selain karena orang kita ababil itu suka dengan apapun yang disukai idolanya. Padahal cuma chicken Nugget, kentang goreng dengan dua macam saos yaitu sweet chili dan saos Cajun. Ya... katanya memang enak hm

Menu BTS Meal/Sumber Foto: kompas.com
Menu BTS Meal/Sumber Foto: kompas.com
Enak atau tidak enak sebetulnya relatif dan tergantung selera. Apapun itu, beginilah kita. Sering geger karena iklan dan promosi, apalagi kalau ada iming-iming berhadiah sesuatu.

Secara rinci berikut ini alasan kenapa BTS Meal itu begitu Laris dan menggegerkan menurut saya:

  1. Trending dan popularitas. Orang Asia, termasuk Asia Tenggara, apalagi kaum muda, begitu gaul. Senang dengan sesuatu yang sedang trend. Ini hal yang manusiawi. Kalau si A sudah mencoba, saya juga dong. Kalau si Pink bisa makan kenapa gw gak, kata selfi (maaf ini tokoh imajinatif saja).
  2. Sebuah Kebaruan. Ayam goreng fastfood biasa bukan hal yang istimewa, apalagi chicken nugget. Tetapi ketika dia disajikan dengan rasa tertentu, pedas/hot dengan bumbu rempah tertentu yang sudah diteliti tingkat penerimaannya tinggi dan disukai maka varian menu baru pasti menimbulkan rasa penasaran ingin dicoba oleh siapa saja. Apalagi dengan saos Cajun yang terdengar begitu eksotis di telinga saya. Padahal menu saos Cajun sudah beredar luas, bahkan di lapak online semacam shopee dan lain-lain (suku Cajun yang berada Kanada bagi saya juga ada pengaruh imigran African--America juga pengaruh suku asli dan membuat saya seketika teringat Winnetou Kepala suku Apache, he).  Apapun yang baru selalu berhasil membuat penasaran. Saya masih ingat ketika Richeese Factory baru dibuka di Palembang, antrian mengular sampai ke Simpang Patal kata teman saya, masa?. Sama halnya ketika Uncle Tetsu dibuka di Palembang Icon mall, antriannya juga heboh.  
  3. Peran Idola. Trend yang ditunjang popularitas nama Grup BTS itu. Sekaligus melihat bagaimana kehebohan dan kefanatikan para fans (army, hm).   Bangga dong bisa ikut makan ayam goreng, kentang goreng, cocol saos Cajun kaya si Juungkoook atau Kim, he. Ini yang dibilang Deddy Huang MCD cerdik memanfaatkan situasi.
  4. Rasa yang memang enak dan kemasan menarik. Harus diakui bahwa ayam goreng ala fastfood Amrik itu memang enak. Memangnya ayam goreng Bu Suharti dan Mbok Berek gak enak? ya enak juga. Tapi enaknya ayam goreng fastfood Amrik ini beda. Memang sangat enak di lidah kaum muda. Dia kering. Garing atau crunchy. Rasanya bikin lidah bergetar karena kaya rempah. Konon sebelum digoreg potongan ayamnya sudah berapa kali direndam bumbu dan berapa kali ditaburi tepung hingga diperileh rasa dan kerenyahan yang diinginkan. Nah yang di BTS meal sebetulnya sudah dibuat nugget. Nugget yang enak. Apalagi dengan Saos Cajun yang rasanya creamy dan banyak rempah itu, makin enak. Kata keponakan saya. Apalagi  kemasan menarik dari warna kotak sengaja dibuat " Ungu" yang identik dengan warna Grup BTS. Semakin membuat para army terpesona dan merasa harus dapat itu meal
  5. Iklan dan Promosi serta Iming-iming hadiah dan potongan Harga. Ketika iklan dan promosi dibombardir tentu saja dia menyebar kemana-mana dan hinggap ke banyak orang dan menimbulkan rencana untuk membeli. Aapalagi dengan potongan harga, 9 (sembilan) chicken nuggets, 1 (satu) paket kentang goreng, 2 (dua) macam saos serta 1 cup Cocacola di harga cuma goban alias 50 (lima puluh ribu) ya cukup menjangkau banyak kantong anak kota. Ibarat kata, dengan goban bisa gaul, ngetrend Makan BTS meal sambil membayangkan Jungkook kan, wey 

Demikian 5 (lima) hal yang menjadi alasan kenapa BTS Meal kemarin begitu heboh dan menggegerkan menurut saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN