Mohon tunggu...
Elly Suryani
Elly Suryani Mohon Tunggu... Pekerja sekaligus blogger

Ngopi disela tiupan angin. Pekerja yang senang melihat dan menganalisa trend data.

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Indonesia dengan Tradisi Silaturrahim dan Saling Bermaafan Saat Lebaran

5 Juni 2019   22:39 Diperbarui: 5 Juni 2019   22:53 158 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Indonesia dengan Tradisi Silaturrahim dan Saling Bermaafan Saat Lebaran
sumber Foto : fajar.co.id

Di Palembang momen lebaran berlangsung meriah juga hikmat. Ada tradisi dimana keluarga akan saling mengunjungi yang disebut dengan istilah"Sanjo".  Tak selesai dengan bertemu dan bersalaman di masjid seusai sholat Ied tapi betul-betul datang ke rumah-rumah, bertamu yang disebut"Sanjo" tadi.

Sanjo, Tradisi Lebaran di Palembang Yang layak Dilestarikan

Daerah lain seantero Indonesia saya kira juga punya tradisi lebaran khas masing-masing.

Intinya, perayaan Idul Fitri alias lebaran di Indonesia yang identik dengan saling memaafkan. Orang-orang saling bersilaturrahim. Saling berjabatan tangan sambil mengucapkan "Mohon maaf lahir dan batin..."

Tak sempat bertemu muka atau bersilaturrahim langsung, ucapannya yang datang. Zaman dulu ada Kartu Lebaran yang dikirim lewat pos. Ada pula Telegram Indah. Sekarang, he, lewat pesan WhatsApp dan lain sebagainya. Selain mengucapkan selamat Idul Fitri, setelahnya mengucapkan "Maaf lahir dan batin"

Semua kalangan berupaya untuk membersihkan hati dan jiwa dengan saling bermaaf-maafan. Tak ada lagi ganjalan. Tak ada lagi boesan (Bahasa Palembang, artinya musuhan anak kecil). Plong lebaran yang betul-betul lebar.

Ya momen kembali suci setelah berpuasa selama bulan Ramadan menjadi kesempatan yang baik untuk saling bermaafan. Bak ucapan petugas SPBU ketika kita mengisi BBM, mulai dari nol ya...🌝

Semua kalangan, di kota dan di desa. Pejabat dan rakyat biasa. Bahkan tadi siang saya sumringah melihat foto yang sedang viral ketika elit PDIP (Megawati dan Puan Maharani) dan Demokrat(AHY dan Ibas dengan istri masing-masing) yang dahulu agak panas dingin, mungkin juga sedikit boesan he, tadi tampak akrab saling mengunjungi dan mungkin juga saling bermaafan di momen lebaran. Nah begitu dong. Mantap.

Begitulah tradisi saling mengunjungi dan bermaaf-maafan saat lebaran. Jika sempat segeralah saling bersilaturahhim dan saling memaafkan. Jika tidak sempat saling bermaafan mungkin lupa dan lain sebagainya, maka kita umat Muslim dianjurkan memaafkan semua kesalahan orang lain baik sengaja maupun tidak sengaja. Tidak perlu menunggu yang bersangkutan untuk minta maaf, ini lebih mulia, juga membersihkan hati kita.

Umat Islam dianjurkan agar mudah memaafkan, penyayang terhadap sesama Muslim (saya bilang sih juga terhadap semua umat manusia) dan bersikap lapang dada terhadap kesalahan orang adalah amal shaleh yang sangat utama dan sangat dianjurkan dalam Islam. Sebagaimana Firman Allah,

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN