Mohon tunggu...
Ellyn
Ellyn Mohon Tunggu... Mahasiswa

an undergraduated student majoring in Communication Science in Atma Jaya Yogyakarta University.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Park Sae Ro-yi "Itaewon Class" dan Han Ji-pyeong "Start Up", Ini Hal yang Bisa Dipelajari dari Mereka!

4 Desember 2020   22:13 Diperbarui: 4 Desember 2020   22:25 247 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Park Sae Ro-yi "Itaewon Class" dan Han Ji-pyeong "Start Up", Ini Hal yang Bisa Dipelajari dari Mereka!
Han Ji-pyeong (Start Up); Park Sae Ro-yi (Itaewon Class). Sumber: tenindonesia.com

Tahun 2020 bisa dikatakan sebagai puncak popularitas bagi industri Korean Drama. Banyak K-drama apik yang disuguhkan dari awal musim hingga akhir musim 2020. Terlebih semenjak pandemi yang terpaksa mengurung kita di rumah saja, menonton K-drama menjadi kegiatan yang dilakukan untuk menghibur sejenak.

Contoh K-drama tahun 2020 yang populer dan memiliki jalan cerita menarik menurut penonton adalah Itaewon Class, dibintangi oleh Park Seo-joon, Kim Dam-mi, dan Kwon Nara. Ada pula Start Up yang saat ini sedang berada dipuncak popularitasnya dan sedang on going, dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, dan Kim Seon-ho.

Itaewon Class  menceritakan tentang Park Sae Ro-yi (diperankan oleh Park Seo-joon) yang ingin membalas dendam terhadap musuhnya dengan membangun bisnis Food & Beverage, DanBam. Ia membangun bisnisnya tersebut setelah bekerja serabutan mengumpulkan uang untuk membeli sebuah gedung di Itaewon. Tidak mudah bagi Sae Ro-yi untuk membangun DanBam, ia banyak menemui kegagalan, kerugian, dan lika-liku untuk mencapai kesuksesan. 

Start Up sendiri menceritakan tentang Seo Dal-mi (diperankan oleh Bae Suzy), dan Nam Do-san (diperankan oleh Nam Joo-hyuk) yang ingin menggapai mimpi dan cita-cita dengan membangun perusahaan rintisan di bidang teknologi. Dalam perjalanan mengembangkan perusahannya mereka jatuh bangun mencari investor, bahkan setelah mereka masuk ke Sandbox. Namun mereka tidak sendiri, mereka dibimbing dan banyak belajar dari Han Ji-pyeong, mentor Sandbox yang berpengalaman di bidang investasi bisnis dan pengusaha muda yang banyak pengalaman.

Nah, dari kedua drama yang sudah pernah saya tonton ini, menurut saya ada dua kesamaan yang bisa diambil. Itaewon Class dan Start Up sama-sama membawa cerita tentang bagaimana perjuangan anak muda yang ingin mengejar passion dan cita-cita mereka, dengan pengalaman yang minim dan bermodal kepercayaan diri serta kegigihan, mereka membuktikan bahwa passion bisa dikejar, tidak ada mimpi yang terlalu tinggi ataupun mimpi yang mustahil. 

Park Sae Ro-yi (diperankan Park Seo-joon). Sumber: idntimes.
Park Sae Ro-yi (diperankan Park Seo-joon). Sumber: idntimes.

Han Ji-pyeong (diperankan Kim Seon-ho). Sumber: tvN Drama.
Han Ji-pyeong (diperankan Kim Seon-ho). Sumber: tvN Drama.

Ada juga hal yang bisa dipelajari dari salah satu tokoh di kedua drama ini, Park Sae Ro-yi (Itaewon Class) dan Han Ji-pyeong (Start Up). Sama-sama berasal dari latar belakang yang biasa saja, mereka membuktikan kesuksesan mereka.

Latar Belakang Keluarga Tidak Menjadi Penentu Kesuksesan

Sae Ro-yi adalah yatim piatu setelah ayahnya meninggal dalam sebuah kecelakaan. Ia hanya lulusan SMA, dan bahkan mantan narapidana yang tidak lagi memiliki keluarga, hanya punya seorang teman yang bahkan sudah jarang ditemui. Ia harus bekerja serabutan untuk mengumpulkan uang.

Han Ji-pyeong adalah yatim piatu, Ia keluar dari panti asuhan dengan diberikan uang 2 Juta Dollar untuk bertahan hidup. Tidak punya tempat tinggal, tidak punya keluarga, dan tidak punya pekerjaan untuk mencari nafkah. Ia hanya sendirian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x