Perkembangan IPTEK Terhadap Kurikulum
Ellya Nandita Trianawati
FTIK IAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur 46 Tulungagung Telp.(0355)321513Fax.(0355)321656
Abstrak
Permendikbud Nomor  66 tahun 2013 yang berisi tentang standar penilaian menuntut adanya format yang harus disiapkan guru. Peran guru di kelas sebagai miniatur kehidupan nyata dengan memanfaatkan berbagai sumber media cetak, elektronik, internet dan teknologi di sekolah. Guru yang professional harus memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan tugas membimbing , membina dan mengarahkan kemampuan maksimal peserta didik yang belum terbiasa dengan teknologi dan menggunakan berbagai aplikasi teknologi. Penguasaan terhadap iptek harus diiringi pemahaman etika.
Kata Kunci : Kurikulum, Perkembangan IPTEK
Pendahuluan
Perkembangan IPTEK membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan social dan kebudayaan umat manusia, yang meliputi beberapa aspek antara lain komunikasi, transportasi , mekanisasi industry, pertanian dan persenjataan termasuk pendidikan.Â
Perkembangan IPTEK di samping banyak menimbulkan perubahan dalam nilai -- nilai, baik nilai social, budaya, spiritual, intelektual maupun material juga menimbulkan kebutuhan baru, aspirasi baru dan sikap hidup baru.
Hal itu menuntut perubahan pada system dan isi pendidikan yang diwujudkan dalam rekonstruksi kurikulum. Mengingat pendidikan bukan hanya mewariskan nilai -- nilai dan hasil kebudayaan lama, tetapi juga mempersiapkan SDM unggul agar mampu hidup pada masa kini dan yang akan datang. Perkembangan IPTEK secara langsung maupun tidak langsung membawa pengaruh terhadap kurikulum pendidikan. Pengaruh langsung dari perkembangan ini adalah memberikan isi atau materi bahan yang akan disampaikan dalam pendidikan.