Mohon tunggu...
Ellen Cheryl
Ellen Cheryl Mohon Tunggu... siswa

sekolah itu menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Globalisasi, Dunia Satu Atap

26 Oktober 2020   17:26 Diperbarui: 26 Oktober 2020   17:31 85 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Globalisasi, Dunia Satu Atap
Diolah secara mandiri di canva

Globalisasi bukanlah suatu hal yang baru bagi masyarakat di zaman modern ini karena semua masyarakat zaman modern ini terlibat dalam proses globalisasi dan kita tidak bisa menolaknya melainkan kita harus menerima globalisasi yang terjadi.  

Globalisasi meruapakan sebuah proses yang menduania, proses perubahan sosial yang menyebebkan manusia menjadi lebih terbuka dalam suatu pemikiran serta menyebabkan manusia bergantung satu dengan yang lainnya. 

Globalisasi juga merupakan integrasi internasional yang melibatkan integrasi ekonomi, politik, budaya, ilmu pengetahuan , dan teknologi suatu negara, wilayah, dan masyarakatnya. Globalisasi yang sedang berlangsung sekarang ini, terjadi diseluruh dunia dan negara, sehingga globalisasi merupakan proses yang berlangsung tanpa batas waktu, jarak ataupun batas suatu negara karena globalisasi bisa terjadi dimanapun dan kapanpun.

Globalisasi berlangsung dengan cepat di seluruh negara bagian. Hal ini dikarenakan di era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat sehingga manusia dapat melakukan segala kebutuhan dengan mudah di dalam kehidupan sehari-harinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat menyebabkan  manusia dapat menghasilkan alat transportasi darat, air, dan udara yang lebih canggih sehingga manusia dapat menghemat waktu dalam memenuhi kebutuhannya. 

Perkembangan iptek juga menghasilkan alat komunikasi sehingga informasi yang terdapat di sosial media dapat tersebar dengan cepat dan mudah serta memudahkan manusia untuk berkomunikasi jarak jauh dengan mudah dan menambah jaringan sosial di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Perdagangan bebas yang terjadi disetiap negara juga mempercepat arus globalisasi di zaman modern ini. Hampir seluruh negara di dunia menerapkan sistem perekonomian yang terbuka, sehingga setiap negara dapat membangun relasi dan bekerjasama dengan setiap negara yang ada di dunia sehingga, relasi atau hubungan antar negara di dunia semakin kuat. 

Selain itu, masyarakat dunia juga semakin mudah untuk melakukan migrasi dari satu negara ke negara lainnya. Migrasi yang dilakukan ini biasanya terjadi karena untuk bekerja, berwisata, ataupun menuntut ilmu sehingga masyarakat sudah terbiasa melihat turis dan dari sinilah banyak udaya yang masuk dan tersebar.

selain faktor eksternal yang sudah disebutkan diatas, terdapat juga faktor internalnya yaitu, pemikiran masyarakat yang semakin berkembang dan Pendidikan yang semakin maju, sehingga masyarakat berpikir lebih kritis dan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang baru juga semakin tinggi, serta masyarakat akan mengupdate diri mereka dengan informasi-informasi yang terbaru. Selain itu terdapat juga ketergantungan sebuah negara dengan negara yang lainnya karena dengan adanya ketergantungan ini sebuah negara dapat membangun negara terutama dalam aspek perekonomian.

Perkembangan IPTEK di dalam era globalisasi berkembang dengan sangat pesat. Kemajuan peradaban manusia dapat dilihat dari perkembangan IPTEK yang sedang terjadi. Dengan adanya perkembangan IPTEK manusia dapat mengembangkan dan menghasilkan banyak sekali teknologi dalam berbagai bidang.

Dengan adanya perkemangan IPTEK , teknologi luar angkasa semakin canggih sehingga dengan semakin berkembangnya teknologi luar angkasa maka saran komunikasi semakin mudah dan lancar, pertahanan dan keamanan juga lebih terjamin, dengan adanya perkembangan ini lalu lintas di suatu negara atu daerah juga dapat diatur sehingga akan lebih tertib dan teratur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN