Mohon tunggu...
Ella kayla
Ella kayla Mohon Tunggu... Laili Nur Qomariyah

Setiap kata punya makna, Setiap tulisan punya pesan~

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Cara Menghemat Uang dengan 4 Hal Sederhana

1 April 2021   14:09 Diperbarui: 1 April 2021   14:21 156 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menghemat Uang dengan 4 Hal Sederhana
Pixabay

Faktanya, gaya hidup konsumtif dapat menjerumuskan seseorang ke dalam sifat boros, kemiskinan, bahkan jeratan hutang. Untuk menghindari sifat boros diperlukan kesadaran dan pengendalian diri sebagai rem, salah satunya dengan cara menghemat uang.

Di tengah kemajuan jaman berbagai kemudahan bisa didapatkan, salah satunya cara berbelanja yang semakin mudah, ditunjang dengan ponsel pintar hanya melalui genggaman tangan.  Namun dengan begitu, seseorang akan mudah terlena dan berbelanja secara impulsif yang berujung pada pemborosan.

Boros tidak hanya disebabkan oleh gaya hidup konsumtif tapi pengaruh sosial juga merupakan salah satu penyebabnya, seperti sering mengunjungi cafe shop, makan diluar, dan sering liburan sana-sini.

Jika kebiasaan tersebut tidak segera di rubah, maka bukan tidak mungkin seseorang akan jatuh pada kemiskinan dan lilitan utang. Berikut cara mengatasinya, yuk simak!

4 Cara Sederhana Menghemat Uang

Kenyataannya, Kemungkinan buruk dari sifat boros bisa dihindari dengan cara menghemat uang sedini mungkin, dan membuat rencana keuangan yang baik. Meskipun berhemat terdengar sederhana, hal ini membutuhkan banyak upaya dengan konsistensi dan komitmen yang kuat. Berikut cara-cara berhemat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membuat catatan keuangan

Catatan keuangan merupakan salah satu cara untuk memantau keuangan, serta memunculkan rasa tanggung jawab untuk mengoptimalkan pengeluaran sebijak mungkin. Membuat catatan keuangan juga memiliki banyak manfaat, seperti memudahkan evaluasi keuangan, membuat kategori pengeluaran, dan mencapai batas maksimal menekan pengeluaran.

Di era yang serba modern ini, banyak sekali aplikasi gratis yang dapat memudahkan kamu membuat catatan keuangan, salah satunya adalah aplikasi "catatan keuangan" yang dapat diunduh di Play store, dengan begitu kamu tidak perlu membuatnya secara manual.

2. Hindari berbelanja secara impulsif

Apakah kamu pernah membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan? Mungkin jawabannya iya, entah sesekali atau berkali-kali. Membeli barang secara impulsif sering dilakukan karena beberapa alasan, seperti diskon yang menarik, atau barang yang terlihat sangat lucu.

sesekali membeli barang tanpa berpikir panjang memang boleh, namun jika berbelanja secara impulsif ini dijadikan kebiasaan maka kamu akan konsumtif dan boros.

Berkomitmen pada diri sendiri untuk membeli barang yang sudah ada di daftar belanjaan dapat menghindari berbelanja secara impulsif. Luangkan waktumu untuk membuat list belanjaan, sehingga lebih muda untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

3. Membeli barang berkualitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN