Mohon tunggu...
ELKANA GIOVANI LOE
ELKANA GIOVANI LOE Mohon Tunggu... Hai sobat kompasiana nama saya Elkana Giovani Loe, saya akan berbagi hal yang saya ketahui untuk sobat sekalian

Indie lovers

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Fakta Menarik di Balik Keindahan Hutan Bonsai Fatumnasi

3 Mei 2021   00:32 Diperbarui: 3 Mei 2021   07:26 213 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fakta Menarik di Balik Keindahan Hutan Bonsai Fatumnasi
gambar: hutan bonsai(sumber Elkana Loe)

Berbicara mengenai keindahan  dan keasrian alam Nusa Tenggara Timur, tentunya akan menjadi perbincangan hebat yang tidak ada akhirnya, sebab keindahannya memiliki eksistensi yang konsisten ditengah derasnya era modern ini. 

Salah satu destinasi wisata itu adalah hutan  bonsai  mutis yang menyuguhkan keindahan eksotisnya berupa vegetasi ampupu yang sudah berumur ratusan tahun.   

Tempat ini terletak di desa Fatumnasi, kabupaten Timor Tengah Selatan, provinsi Nusa Tenggara Timur. Hutan bonsai merupakan salah satu objek wisata yang mengorientasikan keindahan alam berupa hutan hijau, yang tersusun oleh pohon ampupu yang telah hidup selama ratusan tahun dengan lekukan pohon yang menyerupai penari. Lokasinya yang berada di ketinggian khusunya di kaki gunung Mutis membuat cuaca dan suhu udara disana menjadi sangat dingin.

Untuk akses transportasi menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus, ditambah lagi dengan rambu-rambu atau penunjuk jalan yang tentunya akan memudahkan setiap orang yang ingin berkunjung ke destinasi wisata hutan bonsai. Bagi para pengunjung yang berasal dari kota Kupang harus menempuh perjalanan sejauh kurang  lebih 142 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekitar 3 sampai 4 jam. Sedangkan bagi pengunjung yang berasal dari kota Soe hanya menempuh jarak seitar 35,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit.

Selama perjalanan menuju ke hutan bonsai para pengunjung akan dimanjakan dengan keadaan alam  yang masih sangat natural. Disamping itu sebelum memasuki Fatumnasi yang merupakan tempat keberadaan hutan bonsai, para pengunjung bisa membeli kebutuhan perjalanan seperti makanan ringan(snack), minuman, dan keperluan lain dipasar Kapan yang merupakan rute yang akan dilewati menuju hutan bonsai. Saat memasuki daerah Fatumnasi para pengunjung akan dihipnotis dengan alamnya yang masih belum tersentuh oleh tangan jahil manusia. Dari daerah ini para pengunjung hanya akan menempuh jarak 3 kilometer untuk mencapai disana.

Sumber: Elkana Loe
Sumber: Elkana Loe
Saat berada di hutan bonsai, selurah indera tubuh manusia akan sangat dimanjakan dengan keasrian dan keindahan dari hutan homogen ini yang telah tumbuh ratusan tahun. Wisatawan yang berkunjung ketempat ini dapat beristirahat dan berfoto disekitar hutan bonsai yang memiliki bentuk yang unik dan indah bak seorang penari , ditambah lagi cuaca yang cukup dingin membuat daerah disekitar hutan bonsai menjadi berkabut dan tentunya ini menambah nilai estetika dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Selain keindahan dan panorama alam  yang disuguhkan di hutan bonsai, terdapat juga fakta menarik yang jarang diketahui:

1.Daerah terbasah dipulau Timor

Suhu udara yang cukup dingin dengan intesitas suhu sekitar 14-29 derajat celcius dan suhu ekstrem 9 derajat celsius membuat hutan homogen ini menjadi daerah terbasah di pulau timor, mengingat lokasinya yang berada di ketinggian yang membuatnya bak di  benua Eropa.

2. Vegetasi ampupu terbesar di NTT

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN