Mohon tunggu...
Elizabeth Tasya
Elizabeth Tasya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi: menyanyi dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Harga BBM Meningkat, Masyarakat Lakukan Unjuk Rasa Melalui Media Sosial #BBMNaikRakyatEvolusi

15 September 2022   01:10 Diperbarui: 15 September 2022   01:11 110 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jakarta - Seperti diketahui, pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga BBM termasuk harga Pertalite naik pada Sabtu (3/9/2022) siang. Waktunya terbilang singkat dan cukup menghebohkan warga. Pengumuman kenaikan harga BBM dilakukan pada sekitar pukul 13.00. Sementara kenaikan harganya dilakukan pada pukul 14.30 WIB. Hal ini pun membuat netizen menjerit. 

Menanggapi hal tersebut, Jokowi menyatakan dirinya menginginkan BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi, namun menurut presiden lebih dari 70% subsidi BBM dinikmati oleh masyarakat mampu. Masyarakat kaget tidak menyangka pemerintah tega menaikkan harga BBM ditengah kondisi ekonomi yang masih sulit. Tidak hanya mahasiswa, aksi unjuk rasa ini juga dilakukan oleh buruh sampai dengan ojek online. 

Unjuk rasa memprotes kenaikan harga BBM ini sudah berlangsung beberapa hari di sejumlah daerah, diantaranya terjadi di Jakarta, Makassar, Tasikmalaya, Bondowoso, Kendari, Banten, Palembang, Banda Aceh, sampai Mataram. Selain itu, bermacam respons dan curhat masyarakat pun ditumpahkan, salah satunya lewat media sosial Twitter. Tagar #BBMNaikRakyatRevolusi menjadi trending topic di Twitter sore hari ini. Nampaknya tagar tersebut menjadi unjuk aksi dan reaksi rakyat Indonesia menolak kenaikan harga BBM.

Inilah sejumlah suara tokoh dan netizen memprotes kenaikan harga BBM di Twitter:

“The government needs to dampen the price of fuel by abolishing several unnecessary national projects readily. It's elusive but the priority requires to be set up #BBMNaikRakyatRevolusi” ungkap @mhmmdlimm.

“Cie yang Semangat, Terstruktur, Sistematis dan Masif Menyengsarakan Rakyat, Harga BBM NAIK, Sembako NAIK, Listrik NAIK...Asyik...yang miskin bertambah biar suaranya bisa dibeli dengan BLT jelang 2024. Uhuy. #Bjorka #BBMNaikRakyatRevolusi” kata @coachaddie_off

“Media sudah tdk lagi merdeka. Jgn harap kebenaran dr mereka. Biar Rakyat saja jadi corong perjuangan. Mari Sobat, terus lantang suarakan aspirasi rakyat. Menuntut ☝🏻 Turunkan BBM. Turunkan Harga2. Tegakkan Supremasi Hukum. Mundur jika tak lagi mampu. Jgn sampai #BBMNaikRakyatRevolusi” ketikan @DrEvaChaniago.

Berikut informasi secara merinci oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif terkait harga kenaikan BBM:

  • Pertalite dari harga Rp7.650 naik menjadi Rp10.000
  • Solar dari harga Rp5.150 naik menjadi Rp6.800
  • Pertamax dari harga Rp12.500 naik menjadi Rp14.500.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan