Kuliner

Starbucks Reserve, Konsep dan Tampilan Baru Kedai Kopi

6 Desember 2018   16:06 Diperbarui: 6 Desember 2018   16:24 125 0 0

Siapa yang tidak mengenal Starbucks? Starbuck sudah menjadi brand minuman berbahan dasar kopi yang terkenal di kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa. Tapi tahukah kalian bahwa Starbucks mengeluarkan produk dan konsep baru untuk penyajian kopinya? Bagi kalian yang belum tahu, kini Starbucks mengeluarkan konsep dan produk baru yang dinamai Starbucks Reserve.

Bagi kalian pencinta kopi wajib tahu mengenai konsep baru Starbucks ini. Konsep penyajian kopi yang dibuat dengan teknik penyeduhan manual atau yang biasa kita kenal dengan Manual Brew. Penyajian baru ini dilakukan langsung di depan customer sehingga customer akan merasakan langsung sensasi pembuatan kopi ini.

Starbucks Reserve dibuka pertama kali kepada khalayak umum pada akhir tahun 2014 di Seattle, Amerika Serikat dengan nama Starbucks Roastery Reserve. Kopi yang disajikan di Starbucks Reserve ini merupakan kopi yang ditanam langsung di berbagai macam tempat dan negara. Jenis kopi yang disajikan beraneka ragam dan memiliki keunikan rasa masing-masin sesuai dengan daerah asal kopi itu ditanam. Ciri khas dan aroma yang keluar dari setiap jenis pilihan kopi berbeda-beda.

Menurut Bapak Tamim seorang pecinta dan penikmat kopi, ada tiga rasa yang paling berkesan dari Starbucks Reserve yaitu Eaat Timor, Columbia dan Nicaragua. Namun disamping itu ada dua rasa yang tidak kalah berkesan yaitu Guatemala dan Kenya. Rasa-rasa ini memberikan keunikan masing-masing yang membuat orang yang meminumnya merasakan arima dan rasa yang khas. Starbucks Reserve East Timor memiliki rasa sedikit manis namun alami dan sedikit aroma floral. Tingkat keasaman kopi ini cukup tinggi karena ditanam di daerah pegunungan vulkanik.

Starbucks Reserve Columbia memberikan cita rasa buah jeruk karena memang ditanam di dekat perkebunan jeruk. Rasanya memiliki sensasi juicy dan manis alami. Starbucks Reserve Nicaragua memberikan cita rasa yang kompleks. Kopi Nicaragua memiliki rasa yang terdiri dari aroma buah jeruk hibiscus dan sedikit rasa manis buah plum merah karena kopi tersebut ditanam di dekat perkebunan jeruk dan plum.

Starbucks Reserve Kenya Kamwangi memiliki rasa yang garing ,juicy , manis dan sedikit rasa asam. Dibandingkan dengan ras Kenya, Starbucks Reserve Guatemala memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan kopi Kenya. Kopi Guatemala memilikirasa manis dan sedikit sensasi rasa coklat. Tingkat keasaman dari kopi ini dibawah dari kopi Kenya. Rasa coklat yang dihasilkann oleh kopi Guatemala membantunya menetralisir rasa asam dari kopi ini.

Minuman berbahan dasar kopi ini dibuat langsung di toko dan pelanggan yang membeli pun akan merasakan pengalaman pribadi dalam pembuatan kopi secara manual. Teknik yang digunakan oleh Starbucks adalah teknik Pour Over atau Drip V60. Kopi akan dibuat secara langsung di gerai Starbucks Roastery Reserve dan pelanggan yang memesan akan melihat langsung dan bahkan diberikan informasi-informasi mengenai asal mula kopi yang dipilihnya. 

Selagi menjelaskan itu semua, teknik dalam proses penyeduhannya pun disampaikan. Apa yang harus diperhatikan saat menyeduh, suhu air yang diperlukan dan  teknik menuang air ke atas kopi saat menyeduh. Dari konsep ini pelanggan akan merasakan secara personal pembuatan kopi ini. Perasaan pembuatan kopi seperti itu yang ingin diberikan Statbucks untuk para pelanggan dan penikmat kopi. Sensasi penyeduhan manual yang akan dirasakan secara personal oleh penikmatnya.

Tidak hanya teknik dan pilihan kopi yang menjadi keunggulan Starbucks Reserve. Starbucks Reserve sendiri memiliki kualitas biji kopi dan kualitas pelayanan yang baik. Setiap biji kopi yang disajikan memiliki kualitas yang stabil di semua gerai Starbucks Reserve di berbagai negara. Kualitas pelayanan juga diberikan oleh Starbucks Reserve bagi setiap pelanggannya. Dengan pengalaman yang sudah dimiliki oleh sang barista, barista menyajikan kopinya dengan sangat baik dan dengan senyuman ramah kepada pelanggan. Keindahan kopi yang dibuat dan diseduh secara manual terpancar dari wajah sang barista.

Konsep baru dari Starbucks ini menjadi hal yang istimewa bagi pencinta kopi dan juga pelanggan dari Starbucks. Penyajian kopi yang secara langsung ditampilkan kepada pelanggan yang memberikan perasaan tersendiri untuk yang melihat dan menikmatinya. Kualitas dan keaneragaman rasa yang diberikan juga menjadi keunggulan dari konsep ini. Starbuck Reserve dapat ditemukan di berbagai macam negara. Jadi untuk kalian yang ingin menikmati kopi saat travelling, dapat langsung mengunjungi gerai Starbucks Reserve yang ada. Bagi kalian pencinta kopi dapat mencoba dan menilai sendiri konsep baru yang diberikan oleh Starbucks ini dan bagi kalian yang tidak menyukai kopi sangat direkomendasikan konsep baru dari Starbucks ini.