Mohon tunggu...
Elison Manisa
Elison Manisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jadikan pendidikan sebagai tools untuk membangun diri dan sesama.

Hidup adalah perjuangan, selama nafas belum berhenti tetap belajar untuk menjadi inspirasi bagi dunia.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Guru Segudang Inspirasi Kompetensi Peserta Didik

25 November 2021   13:05 Diperbarui: 25 November 2021   14:07 206 48 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi https://pixabay.com

Guru segudang kompetensi bagi peserta didik di masa kini dan nanti, semangatmu akan kukenang sepanjang hayat. Pesona hari guru 2021 dapat mewarnai cerita rasa rindu dan penuh makna.

Pendidikan bukan hanya pengetahuan, tetapi mengacu pada pendidikan berbasis karakter. Pendidikan didasarkan pada berkarakter akan menghasilkan anak bangsa yang berbudi luhur, serta menjunjung tinggi asas Pancasila sebagai ideologi berbangsa. Hari guru 2021, guru juga di tuntut untuk berpartisipasi dalam membangun anak bangsa yang kreatif, inovatif, dan menjadi entrepreneur handal, berpengetahuan, berkarakter, dan toleransi.

Guru dapat meningkatkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, didukung indikator sehingga dapat mendorong guru untuk mengajar sesuai dengan standar dan kemampuan yang dimiliki. 

Materi yang dipelajari harus tercapai tujuan dan dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, serta sikap peserta didik sehingga dijadikan nilai ketercapaian hasil pembelajaran dan juga jadikan tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap suatu mata pelajaran atau pokok pembahasan dikelas. 

Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka. Di dalam mengkaji Kompetensi Dasar mata pelajaran, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan tingkat kesulitan materi.

2. Keterkaitan antara Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran sangat erat.

3. Kompetensi dan Kompetensi Dasar disertai dengan karakter hidup.

Kompetensi dasar adalah kemampuan yang perlu mencapai Kompetensi yang sebenarnya harus diperoleh peserta didik melalui media pembelajaran.

Pengertian kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dari kompetensi yang sudah diajarkan.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan dan indikator kompetensi dalam suatu media pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan