Mohon tunggu...
Elison Manisa
Elison Manisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jadikan pendidikan sebagai tools untuk membangun diri dan sesama.

Hidup adalah perjuangan, selama nafas belum berhenti tetap belajar untuk menjadi inspirasi bagi dunia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Bahayakah Manjakan Anak Berlebihan

24 September 2021   23:26 Diperbarui: 25 September 2021   00:08 187 31 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Peran penting orang tua dalam mendidik anak selalu menuai kritik, pujian, dan prestasi apalagi menghadapi tantangan sosial yang bisa menjadi salah bagi pertumbuhan anak, setidaknya ayah bunda menghindari beberapa sikap ini karena bisa membuat anak menjadi tidak berkembang seiring berjalannya waktu.

A. Ayah bunda, jangan memanjakan anak untuk melakukan apapun tanpa ada batasan

Kemungkinan besar kita sering berpikir memanjakan anak untuk melakukan apapun akan lebih banyak daripada kita melarangnya. Namun tak selamanya semua terjadi itu, ada anak yang mengunakan kekuasaan untuk merusak kehidupan sehari-hari akibat dari ayah bunda memanjakan anak tanpa batasan. 

Misalnya, melawan orang tua, tidak membantu orang tua, memaksa orangtua untuk memenuhi kebutuhan dan permintaannya.

Selain itu, memberikan kesempatan anak bereksplorasi dan berekspresi memang bagus tetapi bila terlalu bebas akan membuat anak mengalami masalah dan gejala pada psikologi di kemudian hari. 

Sebaiknya, ayah bunda mengkomunikasikan kepada anak dengan tegas dan batasan-batasan mengenai apa dan bagaimana menyikapi perbedaan mana yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Serta jelaskan alasannya dengan bahasa yang sederhana dipakai agar anak muda dimengerti sesuai dengan usia anak.

B. Berlebihan dalam membantu anak-anak

Menjadi ayah bunda yang tanggap akan kehidupan dan kebutuhan anak memang bagus tetapi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Sebaiknya anak perlu dibiarkan sendiri untuk menyelesaikan suatu malasalah dengan berpikir kritis sejak dini, sehingga bisa memberikan kesempatan dan tumbuh rasa percaya diri dan kemandirian dalam diri anak.

Ayah bunda bisa mengajari anak dengan cara menyelesaikan masalah dengan memberikan kesempatan, selanjutnya biarkan anak melakukan dengan caranya sendiri dengan tetap berada dalam pengawasan ayah bunda demi tumbuh kembang anak.

C. Jangan paksakan anak melakukan sesuatu padanya tanpa sadar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan