Mohon tunggu...
Elisa Koraag
Elisa Koraag Mohon Tunggu... Kompasiana YG kesulitan buka akun sendiri jadi terpaksa buat lagi

Perempuan yang suka berkawan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tingkatkan PHBS & Germas untuk Hadapi Covid-19

10 Maret 2020   17:13 Diperbarui: 10 Maret 2020   17:19 477 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkatkan PHBS & Germas untuk Hadapi Covid-19
Sumber: Kantor Staf Presiden

Suspeck Corona jumlahnya bertambah. Terima kasih untuk keterbukaan informasinya. Haruskah Kita takut? Kenapa harus takut? Baiknya SIAGA Dan WASPADA. Mari pahami dengan benar. Virus itu melawan daya tahan tubuh. Sedangkan daya  tahan tubuh dibentuk dari Gaya Hidup. Makanya gak Hanya  karena Ada Covid-19 Kita harus terapkan PHBS-Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

PHBS sudah lama disosialisasikan sebagai bagian menjaga kesehatan tubuh. Beberapa tahun terakhir diinisiasi Kemenkes RI, Dan dilakukan semua institusi negara dan masyarakat adalah GERMAS- Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan 3 point utama, yaitu Perbanyak konsumsi buah dan Sayur, perbanyak olahraga dan cek kesehatan secara rutin.

Covid-19 si virus Corona ini, memiliki gejala mirip flu. Jika Kita terkena flu, sebuah sinyal daya tahan tubuh Kita menurun. Supaya stamina tubuh terjaga makan bersih, cukup gizi dan istirahat cukup. Punya waktu luang? Olahragalah.

Disarankan untuk rajin mencuci tangan karena bagian dari kebersihan. Nggak harus memborong sabun cuci tangan atau memgisi ulang sabun cuci tangan di stasiun MRT & LRT. Selain nggak baik, merugikan banyak orang. Jika tasmu besar, bawa sabun cair atau sabun batang juga cukup. Pokoknya di mana Ada kesempatan cuci tangan, cucilah.

Namun sebaran Covid-19 menurut Saya tidak seseram perubahan pola prilaku masyarakat yang tahu informasi cuma sepotong-sepotong. Bisa karena infonya gak lengkap, atau males baca. Karena dampaknya adalah perbuatan bodoh berkelanjutan.


Menyebarkan info ke banyak orang dengan narasi yang salah. Berdasarkan info yang salah itu, lahir tindakan yang salah. Seperti membeli banyak bahan makanan, masker hingga sabun cuci tangan.

Ketika ada satu dua orang tidak mendapatkan kebutuhannya di sebuah toko, lalu mengabarkan itu di media sosial, disebarkan lagi dan lagi lalu Ada yang komen: "Wah kebutuhan pokok hilang di pasaran!"

Padahal di toko yang lain ada. Karena menyebarkan/meneruskan info di media sosial jauh lebih mudah ketimbang mengecek ke toko-toko lain. Ayolah kawan, mari jadi bagian yang tebarkan #kebaikan dengan tidak menyebatlyaskan info yang mudah menimbulkan kecemasan di masyarakat.

Kalau tubuh Kita sehat, Tak perlu pakai masker. Masker diperlukan mereka yang berpotensi menularkan penyakit. Tubuh sehat itu prnting tapi jauh lebih penting memiliki otak yang mampu memilah berdasarkan prioritas.

Jika Ada keluarga atau tetanggamu yang sakit, jangan hindari. Datang dan tengok. Jika memiliki gejala corona, laporkan. Hotline COVID-19 adalah 119 ext 9.

Sumber: Kantor Staf Presiden
Sumber: Kantor Staf Presiden
Jadilah orang yang berguna bagi orang lain. Cari info yang jelas dan pahami lalu bantu orang sekelilingmu untuk memahami juga. Jauh lebih PENTING untuk TIDAK PANIK Dan TETAP JAGA KESEHATAN.

Sumber: Kantor Staf Presiden
Sumber: Kantor Staf Presiden
Salam Sehat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x