Elisa Koraag
Elisa Koraag ibu rumah tangga

Saya ibu rumah tangga dengan dua anak. gemar memasak, menulis, membaca dan traveling. Blog saya dapat di intip di\r\nhttp://puisinyaicha.blogspot.com/\r\nhttp://www/elisakoraag.com/ \r\nhttp:www.pedas.blogdetik.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Komitmen RS Husada: Melayani & Tingkatkan Mutu Tiada henti

9 Februari 2017   08:39 Diperbarui: 9 Februari 2017   08:44 1554 0 0
Komitmen RS Husada: Melayani & Tingkatkan Mutu Tiada henti
3D Panoramic Dental X-Ray (Dok. Elisa Koraag)

Jakarta, 8 Februari 2017, saya menghadiri undangan perayaan ulang tahun Rumah Sakit Husada yang ke 92 tahun. Bertempat di Auditorium Sasana Adiwarna, lantai 10 RS. Husada, Jakarta. Dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Mulai dari sambutan ketua panitia Perayaan Ulang tahun RS. Husada ke 92, Sambutan Ketua Perkumpulan Husada dan Sambutan dari Direktur Utama RS. Husada.

RS. Husada terletak di kawaan Mangga Besar. Sosok bangunan tinggi menjulang, kalau malam, terlihat agak menyeramkan. RS Husada, dulu bernama "Jang Seng Ie",  didirikan pada 28 Desember 1924 oleh dr. Kwa Tjoan Sioe dan beberapa teman sejawat serta pengusaha-pengusaha Tionghoa di Jakarta dalam wadah perkumpulan Jang Seng Ie (sekarang menjadi Perkumpulan Husada).  25 Juni 1971 Gubernur DKI Jakarta menetapkan rumah sakit yang memiliki luas tanah 66.764 m2 ini sebagai Rumah Sakit Umum Pusat bagian Utara.

RS Husada merupakan rumah sakit tipe B, dengan kapasitas 311 tempat tidur. Rumah sakit yang beroperasi 24 jam ini memiliki fasilitas ruang rawat inap super suite, suite, VIP Superior, VIP Standard, Kelas I, II, III, ruangan anak, ruangan untuk kebidanan dan penyakit kandungan, ruangan perawatan intensif (ICU/ICCU).

Selain itu, RS Husada juga mempunyai unit layanan kesehatan unggulan seperti Unit Pelayanan Diabetes Terpadu, Unit Stroke, Unit Hati dan Saluran Cerna, Radiologi Intervensi dan Bedah Laparaskopik.

 Sebelum memberikan sambutan, Direktur Utama RS Husada, Dr. Erniody Sp.An, KIC, M.Kes. memperlihatkan slide yang menampakan bangunan RS. Husada di waktu malam,  kini sudah dilengkapi dengan lampu LED, sehingga terlihat berbeda. Ini bagian dari upaya reborn. Ujar, Dr. Erniody. Pada sambutannya, Dr. Erniody, mengatakan: “Menargetkan RS Husada bisa menjadi rumah sakit berstandar internasional. Untuk bisa mewujudkan itu, sudah pasti akan fokus pada  peningkatkan mutu pelayanan kesehatan  kepada pasien,”.  Dr. Erniode memaparkan program dan investasi peralatan medis yang dimiliki RS. Husada.

Peralatan Laboratorium_Pemeriksaan Hematologi

Laboratorium RS Husada melayani pemeriksaan : Hematologi, Hemostasis/Koagulasi, BMP (sumsum tulang), Morfologi Darah Tepi, Agregasi Trombosit dan lainnya. Analisa Cairan Tubuh (otak,sendi,pleura, acites) dan lainnya. Kini RS Husada menghadirkan peralatan yang disebut VITEC, Dengan alat VITEC, hasil pemeriksaan dapat diketahui dalam waktu tiga hari lebih cepat dari alat lainnya.

Dengan hasil   tes darah yang lebih cepat, maka akan lebih cepat pula pasien bisa ditangani.

3D Panoramic Dental X-Ray

Sinar X bukan hal baru di dunia kedokteran, setelah sebelumnya digunakan untuk membantu mendeteksi kesehatan tulang dan paru, kini ada Dental X-ray:  Alat diagnostik yang berguna membantu dokter gigi  mendeteksi kerusakan dan/atau penyakit yang tidak terlihat selama pemeriksaan rutin pada gigi. Berikut adalah manfaat dental X-ray:

- Mengetahui jumlah, ukuran, dan posisi gigi

- Kehadiran dan tingkat karies gigi (gigi berlubang)

- Kerusakan gigi (seperti dari periodontitis)

- Gigi abscessed

- Rahang retak

- Maloklusi gigi

- Kelainan lain pada gigi dan tulang rahang

Kerap kali masyarakat menganggap sepele perawatan dan pemeriksaan gigi. Padahal gigi tidak sehat dapat menjadi sumber penyakit lainnya. Salah satunya jantung. Kuman-kuman pada gigi bisa masuk ke saluran yang mengarah ke jantung dan kuman gigi bisa tinggal di sana mengganggu kerja jantung.

Dengan 3D Panorama Dental X-Ray, dokter gigi bisa melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menginformasikan pemeriksaan dan perawatan lanjutan bagaimana, yang perlu dilakukaan pasien. Kondisi ini sama seperti pada penggunaan alat VITEC pada uji darah. Kecepatan hasil yang diperoleh akan membantu pasien mendapat pemeriksaan lebih efektif dan perawatan lebih cepat. Dengan begitu, harapannya kondisi kesehatan pasienpun bisa pulih lebih cepat.

Program Pengembangan di Tahun 2017

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3