Mohon tunggu...
Elisabeth Elci Pandu
Elisabeth Elci Pandu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Budaya di Sumba Menjadi Salah Satu Faktor Terjadinya Stunting

17 Mei 2022   14:16 Diperbarui: 17 Mei 2022   14:23 111 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

What is The stunting??

Stunting adalah keadaan gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis pada 1000 hari kelahiran.

Hal ini terjadi karena pemenuhan gizi tidak terpenuhi dengan baik. Misalnya asupan nutrisi seperti protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin kurang dalam tubuh.

Yang menjadi faktor penyebab terjadinya stunting di NTT adalah kurangnya pengetahuan dan keadaan ekonomi di masyarakat yang masih sangat rendah, sehingga penatalaksanaannya tidak berjalan dengan baik. Salah satunya di wilayah sumba mereka lebih mementingkan budaya (Tradisi Adat Kawin Mawin), karena sebagian besar prinsip yang dipegang oleh masyarakat sumba adalah "harga diri dalam Budaya lebih penting, soal makan dengan garam tidak jadi masalah" istilah lainnya adalah "cari nama". Artinya, mereka mengesampingkan kebutuhan gizi.

Oleh karena itu, agar hal ini tidak terjadi perluh adanya peningkatan pengetahuan terhadap masyarakat tentang dampak akibat stunting yang dapat mempengaruhi kesehatan pada anak. Seperti adanya sosialisasi atau penyuluhan tentang upaya pencegahan stunting sejak dini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan