Mohon tunggu...
Elisabeth MelaniaHadini
Elisabeth MelaniaHadini Mohon Tunggu... Guru - guru

Menyukai dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis TPACK dengan Model Discovery Learning

24 November 2022   21:25 Diperbarui: 24 November 2022   21:44 184 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru merupakan salah satu profesi yang mulia dan memiliki peran penting untuk pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan. Guru mendidik dan membimbing anak untuk menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Dengan peran yang sangat penting itu, guru juga memegang tanggung jawab dan tugas yang cukup banyak.

Oleh sebab itu, guru harus terus belajar dan mengembangkan kompetensi diri sebagai tenaga pendidik yang profesional. Dengan kompetensi yang mumpuni, guru bisa menjawab berbagai tantangan pendidikan dan berkontribusi membangun kualitas pendidikan Indonesia lebih baik.

Apalagi di era digital, ada banyak tantangan yang harus dihadapi guru, mulai dari adaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan cepat, menghadapi siswa milenial atau gen z dengan tepat, dan tantangan lainnya.

Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting karena pembelajaran tidak hanya memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa tetapi juga menciptakan situasi yang dapat membawa siswa aktif belajar untuk mencapai perubahan tingkah laku.

Latar belakang masalah dilakukannya praktek pembelajaran ini adalah partisipasi peserta didik masih kurang dalam mencermati penjelasan yang diberikan guru saat pembelajaran berlangsung.

Kemudian minimnya interaksi antara sesama peserta didik berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari, peserta didik kurang percaya diri sehingga nampak ragu untuk bertanya ataupun berpendapat serta belum seluruh peserta didik mampu membuat kesimpulan materi yang sudah dipelajari.

Selain faktor dari dalam diri siswa kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran  juga di pengaruhi oleh Guru yang belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran yang Inovatif dan Pembelajaran belum berpusat kepada murid.

Praktik ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan rencana pembelajaran pada Praktik Pengalaman lapangan (PPL) yang menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning diharapkan mampu membuat siswa menemukan hal baru terhadap suatu fenomena.

Model discovery learning menuntut siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menemukan sendiri suatu konsep pembelajaran. Discovery learning  juga bisa menjadi pilihan model yang sesuai dengan materi Greeting Cards. Model belajar ini menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang membuat peserta didik belajar aktif dan menemukan pengetahuan sendiri.

Dalam praktik pembelajaran ini, Saya sebagai guru (Peneliti) bertanggung jawab memperbaiki masalah rendahnya motivasi belajar peserta didik dengan solusi penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan