Mohon tunggu...
Elisa QotrunnadaMunawaroh
Elisa QotrunnadaMunawaroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya adalah mahasiswa disalah satu kampus swasta disurabaya, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

akun Linkedin : https://www.linkedin.com/in/elisa-qotrunnada-m-56bb22225/?lipi=urn%3Ali%3Apage%3Ad_flagship3_feed%3Bdv7nrYUmSJyWBNwxVhu2vA%3D%3D

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dinamika Pendidikan Era Pandemi dalam Pola Generasi Z sebagai Pemeran Utama dan Baznas Menjadi Jawaban

4 Desember 2021   03:59 Diperbarui: 4 Desember 2021   22:45 61 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Masa pandemi yang datang dan menyebar keseluruh pelosok negeri membawa pengaruh besar dalam segala aspek sosial masyarakat yang mana harus belajar dan juga terbiasa dengan pola baru. Namun, ternyata tidak hanya aspek sosial yang terpengaruh dari perubahan pola baru dunia pendidikan selanjutnya menjadi aspek yang ikut tersapu oleh adanya pandemi covid-19 menyebabkan perubahan segala sistem yang sudah berlaku, mulanya sistem pembelajaran tatap muka berlangsung kini keseluruhan pelaksanaan pembelajaran menggunakan sistem daring dengan memanfaatkan aplikasi.

Kemudian, berbicara mengenai pola pendidikan baru hal tersebut pasti tidak jauh dengan dinamika pelajar dalam negeri. Saat ini apa bila kita pahami pelajar Indonesia memasuki era Generasi Z yang mana generasi tersebut mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam segala sendi kehidupan. 

Fakta yang seharusnya terjadi seperti itu namun, faktanya banyak Generasi Z memanfaatkan teknologi dengan menjadi konsumen dan minusnya tidak mengolah teknologi tersebut untuk hal baru. Secara tidak langsung hal ini tentunya menjadi problem yang sangat berpengaruh terhadap jalannya pendidikan, karena kewaspadaan perlu ditekankan untuk menghindari pola generasi muda kita mudah terlena dengan teknologi yang sudah ada.

Bila dicermati dari problem di atas, kita perlu menyesuaikan pola pendidikan yang sejalan dengan generasi masa kini, karena pola pendidikan yang baru harus kita optimalkan semaksimal mungkin dengan bantuan dan kemudahan teknologi. Pola pendidikan yang kaya akan perkembangan teknologi bisa diarahkan kedalam perubahan posistif dengan menciptakan berbagai inovasi pastinya ditujukan untuk memberi manfaat tidak hanya diri sendiri tapi juga bermanfaat untuk orang lain.

Untuk menjawab tantangan tersebut BAZNAS hadir selain menjadi lembaga zakat Indonesia tapi juga mewadahi para generasi muda untuk mengembangkan diri dengan berbagai pola pendampingan yang diberikan. Dari pendampingan tersebut BAZNAS memberikan pengarahan yang ditujukan untuk kebermanfaatan dalam masyarakat dengan berbagai macam inovasi, salah satunya inovasi teknologi. Keberlangsungan pola pendampingan akan berimbas pada pola pendidikan yang berkembang saat ini dan selanjutnya beberapa hal menjadi semakin meningkat dan terus berdampak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan