Mohon tunggu...
Elisa Esterelita
Elisa Esterelita Mohon Tunggu... EE

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Keripik Kentang Transparan

12 November 2018   20:47 Diperbarui: 12 November 2018   20:48 512 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keripik Kentang Transparan
http://ciricara.com

Di Indonesia, cemilan berupa keripik kentang diminati oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan. Sama halnya dengan di Amerika Serikat, yang juga banyak diminati oleh masyarakat disana. Keripik kentang di Amerika Serikat juga memiliki bentuk dan rasa yang hampir sama dengan keripik kentang yang ada di Indonesia. Melihat banyaknya peminat cemilan kentang dari berbagai olahan terutama keripik, timbullah kreativitas dari seorang chef yang bernama Hamid Salimian, yang dulunya bekerja di Diva at the Met, sebuah restoran di Metropolitan Hotel Vancouver, Kanada untuk membuat keripik transparan atau glass potato chips. Chef yang kini mengajar kelas memasak di Vancouver Community College ini berhasil membuat keripik kentang tembus pandang dengan tetap mempertahankan citarasa aslinya.

Sebenarnya, keripik kentang bening ini tidak mempunyai rahasia khusus atau bahan aneh di dalamnya. Resepnya hanyalah kentang, garam, minyak zaitun, dan air. Namun campuran-campuran tersebut dapat menghasilkan sebuah keripik kentang bening yang luar biasa. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata air kaldu bila dicampur dengan pati kentang akan bereaksi sehingga menyebabkan keripik kentang menjadi bening dan transparan seperti gelas. Walaupun bentuk dan warnanya seperti kaca, namun kita tidak perlu khawatir untuk memakannya. Keripik kentang ini tidak membutuhkan aksi debus yang memakan beling. Rasanya hampir sama seperti ketika memakan keripik kentang pada umumnya.

 Bahan yang digunakan untuk pembuatan glass potato chips adalah glass ketang yukon gold, olive oil, air putih, tepung maizena, garam dan air panas 95C (jangan air mendidih). Proses pembuatan sebenarnya tidak rumit namun memakan waktu cukup lama. Intinya, keripik bening ini dibuat dengan cara memanggang kentang, merendamnya di air panas hingga mendapatkan cairan yang bisa disebut dengan kaldu kentang. Cairan tersebut lalu diberi potato starch atau pati kentang dan dimasak, lalu dipanggang di oven dengan panas rendah selama 8 jam, baru digoreng. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kripik kentang transparan:

  1.   Cuci kentang menggunakan air dingin. Kemudian keringkan dengan tisu.
  2. Potong-potong kentang dengan ketebalan masing-masing 1 cm.
  3. Tambahkan olive oil dan garam. Aduk rata.
  4. Panggang selama 25 menit.
  5. Keluarkan kentang dari oven, letakkan dalam wadah berpenutup, siram dengan air dengan panas dan tutup rapat wadah. Diamkan selama 2 jam.
  6. Haluskan kentang panggang, bisa menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  7. Campurkan kentang halus dengan tepung maizena, tambahkan sedikit air dan rebus dengan api kecil sambil terus diaduk hingga benar-benar rata dan teksturnya kenyal menyerupai gel.
  8. Letakkan adonan di atas kertas roti, ratakan hingga permukaannya setebal kurang lebih 3mm. Foodee bisa menggunakan botol kaca untuk membantu meratakan permukaan adonan.
  9. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 57 derajat Celcius selama kurang lebih dua jam untuk membuat adonan benar-benar kering dan bebas air.
  10. Keluarkan bahan keripik yang telah dipanggang dan kering, goreng dalam minyak panas sampai matang dan berubah warna menjadi agak kuning.
  11. Angkat dan bumbui dengan garam.

Begitulah proses pembuatan keripik kentang dengan tampilan unik yang mungkin belum banyak ketahui. Tertarik untuk mencoba?

 Daftar Pustaka

https://womantalk.com

https://www.kaskus.co.id

https://www.foody.id

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x