Mohon tunggu...
Elina A. Kharisma
Elina A. Kharisma Mohon Tunggu... Guru - Berbagi hal baik dengan menulis

Seorang kutu buku dan penikmat musik.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Sekolah Hanya untuk Mengejar Nilai Tinggi, Masih Relevankah?

2 Oktober 2021   15:57 Diperbarui: 5 Oktober 2021   08:30 948 15 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Masih relevankan mengejar nilai bagus?  |Sumber: stock.adobe.com

Seiring dengan perkembangan zaman, sistem pendidikan mengalami perubahan termasuk kurikulum, ujian, dan kompetensi guru juga siswa. 

Teknis penulisan rapor juga berubah, salah satunya dengan menghapus sistem ranking siswa di kelas. 

Selain itu, kesadaran masyarakat tentang pentingnya keterampilan, karakter dan kecerdasan dalam aspek lain selain kognitif juga bertambah. 

Namun, masih saja ada siswa yang fokus pada pencapaian nilai mata pelajaran yang tinggi. Di era ini, apakah relevan jika para siswa hanya sibuk mengejar nilai tinggi pada setiap mata pelajaran di sekolah?

Pada zaman yang sudah maju ini, siswa harus diberi kesempatan untuk mengembangkan bermacam-macam keterampilan. 

Siswa perlu dilatih untuk terampil berkomunikasi, berpikir, bersosialisasi, juga mengatur diri sendiri (self-management skills). 

Keterampilan-keterampilan ini dapat diintegrasikan dalam pembelajaran di kelas dalam berbagai macam topik juga mata pelajaran. 

Jika siswa menguasai keterampilan-keterampilan, maka siswa diharapkan tidak hanya dapat belajar dengan lebih efektif dan mandiri.

Selain itu, siswa seharusnya tidak hanya difasilitasi untuk menambah wawasannya dengan berbagai macam teori lalu diuji pemahamannya dengan berbagai jenis tes untuk membantu perkembangan kecerdasan intelektual. 

Siswa juga perlu difasilitasi untuk mengembangkan berbagai macam kecerdasan, seperti kecerdasan linguistik, kinestetik, dan logika-matematika, juga mengasah bakatnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan