Mohon tunggu...
Elicia Merry F
Elicia Merry F Mohon Tunggu... -

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atmajaya Yogyakarta 2014

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Analisis Efektivitas Iklan Sido Muncul Versi "Ayo Peduli Lingkungan" dalam Mempengaruhi Sikap Khalayak

8 Oktober 2017   13:27 Diperbarui: 8 Oktober 2017   13:44 1662
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Pendahuluan

Pada era globalisasi saat ini manusia tidak dapat dipisahkan dengan teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat menjadi semakin tergantung dengan teknologi.  Contoh teknologi yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi adalah seperti munculnya televisi yang berguna sebagai media hiburan sekaligus penyampai informasi. Banyak bermunculannya televisi swasta di Indonesia tentu semakin memperbesar kesempatan meningkatnya periklanan di televisi. Iklan merupakan media yang secara tidak langsung berperan penting dalam mempromosikan suatu barang atau jasa.

Selain sering digunakan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa, iklan juga dapat digunakan sebagai media untuk mengajak atau menyebarkan suatu isu-isu penting yang sedang terjadi saat ini, contohnya tentang iklan bahaya merokok, iklan Keluarga Berencana (KB), dan sebagainya. Iklan ini dikenal dengan nama Iklan Layanan Masyarakat atau yang sering disingkat LSM. Jenis iklan ini biasanya ditayangkan untuk mengingatkan, mengajak, dan menyadarkan masyarakat tentang suatu isu yang sedang hangat atau yang sedang terjadi.

Iklan dinilai sebagai media yang paling efektif dalam menyampaikan suatu produk atau sebuah informasi. Selain itu iklan mempunyai jangkauan lebih luas dan relatif tidak tebatas dari pada media lain seperti brosur, poster dan sebagainya. Oleh karena sifatnya yang tidak terbatas itu, media iklan lebih mudah dalam menarik perhatian khalayak luas.

Penggunaan iklan sebagai media untuk menyebarkan informasi ini juga digunakan pihak PT Sido Muncul dalam mempromosikan dan menyampaikan pesan-pesan tentang peduli lingkungan. Dalam iklan tersebut PT Sido Muncul menggunakan Tantri "Kotak" sebagai model iklannya. Alasan dari PT Sido Muncul mengeluarkan iklan tersebut adalah karena rasa keprihatinannya terhadap cara pengolahan sampah terutama sampah plastik di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Jambeck pada tahun 2015, Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton (cnnindonesia.com). Hal ini tentunya dapat memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan kita karena sampah plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai dan proses tersebut memakan waktu yang cukup lama. Tujuan dari iklan tersebut adalah untuk mengajak masyarakat agar dapat mengurangi penggunaan kantong plastik.

 Dengan adanya iklan tersebut, PT Sido Muncul berharap akan terjadi perubahan perilaku dan sikap masyarakat Indonesia agar lebih perduli terhadap lingkungan sekitarnya. Jalaluddin Rakhmat (dalam Darwanto, 2007. hal 2) menyatakan bahwa "Kepribadian terbentuk sepanjang hidup kita. Selama itu pula komunikasi menjadi penting untuk pertumbuhan pribadi kita. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka penulis melakukan penelitian mengenai efektivitas penerimaan pesan iklan versi "Ayo Peduli Lingkungan" terhadap perubahan sikap khalayak.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : "Bagaimana efektivitas iklan Sido Muncul yang berjudul "Ayo Peduli Lingkungan" dalam mempengaruhi sikap khalayak terhadap penggunaan kantong plastik ?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan pemaparan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah :

  1. Mengetahui penilaian khalayak terhadap iklan Sido Muncul versi "Ayo Peduli Lingkungan".
  2. Mengetahui sikap khalayak terhadap iklan Sido Muncul versi "Ayo Peduli Lingkungan".
  3. Mengetahui efektivitas iklan Sido Muncul versi "Ayo Peduli Lingkungan" dalam mempengaruhi sikap khalayak terhadap isu-isu lingkungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun