Mohon tunggu...
Elfrida Nova
Elfrida Nova Mohon Tunggu... Guru - Guru TK

Saya adalah guru TK yang bekerja dari tahun 2017

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Best Practice Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD untuk Anak Usia Dini

11 Desember 2022   10:09 Diperbarui: 11 Desember 2022   10:24 595
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dari kondisi yang ada pada kemampuan anak dalam mengenal pola ABCD-ABCD di kelompok B. terdapat 8 dari 15 anak yang masih kebingungan dalam mengurutkan. 

Penyebab anak kesulitan dalam mengurutkan pola yaitu anak masih kurang tertarik dengan kegiatan mengurutkan pola yang sering menggunakan lembar . LKPD untuk kegiatan numerasi juga menjadi penyebab anak kesulitan dalam mengurutkan pola ABCD-ABCD.ondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, menunjukkan bahwa perlu adanya inovasi dalam pembelajaran. Baik dari segi strategi, model,media dan ragam kegiatan dalam pembelajaran.

 Maka dari itu, terpilihlah media benda konkrit menggunakan keripik pisang rasa (coklat, manis. Greentea, asin) untuk menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan anak dalam kesulitan mengenal dan mengurutkan pola ABCD-ABCD.

Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:

 
1. Meningkatkan kemampuan guru dalam merangcang pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan minat belajar anak

2. Mengupgrade keilmuan guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran

3. Meningkatkan kreatifitas guru dalam pembuatan video pembelajaran, mulai dari cara mengambil video yang benar, menyetting tempat dan kamera supaya hasil gambarnya bagus dan mengedit video dengan berbagai refrensi agar hasilnya bagus.

Pada saat pendalaman materi diawal pelaksanaan PPG dan membuat rencana pembelajaran saya mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang materi yang harus dikuasai, mulai dari kompetensi guru profesional dan pedagogik serta cara menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan keterampilan pembelajaran, pembelajaran berbasis berpikir tingkat tinggi (HOTS), pembelajaran dengan pendekatan TPACK sampai dengan penerapan kurikulum merdeka. Setelah menyelesaikan semua materi tersebut, saya berupaya untuk memperbaiki pembelajaran saya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian yang saya sesuaikan dengan pengetahuan baru yang saya peroleh dari kegiatan setelah pendalaman materi dan perancangan pembelajaran.

Selain itu saya juga mendapatkan berbagain masukan dan  saran dari dosen, guru pamong dan teman sejawat. Pada tahapan berikutnya yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja saya sebagai seorang guru yang kreatif dan professional, dalam pelaksanan PPL ini saya selalu berkoordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat demi kelancaran kegiatan ini. 

Sebelum pelaksanaan PPL saya perlu menyiapkan perangkat pembelajaran yang bisa menarik semangat belajar siswa. Kemudian dari pengalaman saya semasa PPL bisa dijadikan bahan acuan untuk guru yang ada dilembaga saya dalam hal membuat perangkat yang baik serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Setelah kegiatan PPL selesai guru dituntut untuk bisa mengedit video pembelajaran dan diunggah di media sosial yang dimiliki. Dari keseluruhan kegiatan PPL ini, kita akan menuangkan semuanya dengan membuat Best Practice

Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan   pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu danTempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun