Mohon tunggu...
elfira mahmud
elfira mahmud Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Serba-serbi Anak Kost

2 Desember 2022   22:32 Diperbarui: 2 Desember 2022   22:34 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Setelah melewati masa-masa tersulit selama pandemi covid-19, perlahan aktivitas mulai pulih kembali. demikian pula aktivitas belajar yang sudah berjalan tatap muka. bagi para mahasiswa yang jauh dari keluarga tentu memilih kost sebagai tempat tinggal. kehidupan menjadi anak kost tentu berbeda dengan rumah orang tua.  sebagai anak kost, kita dituntut untuk mengatur waktu dan pengeluaran. 

Bisa dibilang kamu menjadi manajemen keuangan dadakan untuk dirimu sendiri. oleh karena itu, kamu harus bisa memilih mana hal yang urgent yang menjadi prioritas untuk didahulukan. sesekali cek out di online shop atau nongkrong bareng teman untuk sekedar self reward sih tidak masalah, selagi tidak mengganggu keuangan kamu hingga akhir bulan nanti, tapi jangan keseringan. jangan malu untuk bilang tidak ada uang ketika diajak nongkrong bareng teman. 

Terutama dalam gempuran kafe-kafe hits kekinian dengan iming-iming instagrammable seperti sekarang ini. kurangi rasa gak enakan dan gengsi yang nantinya hanya akan meyulitkan kamu. pandai-pandailah memilih pertemanan yang sekiranya sesuai dengan diri kamu dan bersama dia kamu dapat menjadi dirimu sendiri. jangan sampai akhir bulan, jadwal makanmu berkurang atau bisa-bisa ngemil promag ya. 

Yang perlu kamu ingat adalah tujuan utama kamu menyelesaikan studi, jadi kebutuhan makananmu harus tercukupi sehingga studi kamu tidak terganggu. akan ada masanya kamu bisa menikmati itu semua!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun