Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Tumbal Tayub Selendang Rindu

17 Juli 2021   19:00 Diperbarui: 19 Juli 2021   01:42 831
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:gasbanter.com

Sungguh, aku seperti seekor kerbau yang dicokok ujung hidungnya.

"Lewat sini!" Suara Pakde Diran membuatku tertegun. Melalui cahaya rembulan yang mengintip samar-samar dari balik rerimbun pepohonan mataku menyapu sekeliling.

Hah, kami berada di pemakaman tua?

Kakiku sontak gemetar. Tapi Pakde Diran menggamit tanganku agar aku gegas mengikutinya.

"Bersimpuh!"

Tepat di depan kijing berukuran besar Pakde Diran tegas memberi perintah. Lagi-lagi, dengan kaki masih gemetar aku menurut.

Seraya bersedeku lutut aku memberanikan diri melirik sekilas pada makam yang membujur di hadapanku. Makam berukuran besar yang pada lempeng batu nisannya tertera sebuah nama. D.A. Chavid.

D.A. Chavid? Siapa dia? Mengapa Pakde Diran terlihat sangat mengagungkan makam ini dengan menyuruhku bersimpuh?

Begitu banyak pertanyaan bersliweran di benakku. Tapi tak satu pun yang mampu kujawab.

Perhatianku ternyata lebih teralih pada perilaku aneh Pakde Diran. Lelaki berpakaian serba hitam dan berudeng kain wulung itu sibuk menabur bunga-bunga di atas makam D.A. Chavid.

Ia juga membakar segenggam kemenyan yang dikeluarkan dari saku bajunya. Bunyi gemeretak disertai bau menyengat membuat bulu kudukku tiba-tiba saja berdiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun