Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Tumbal Tayub Selendang Rindu

17 Juli 2021   19:00 Diperbarui: 19 Juli 2021   01:42 831
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:gasbanter.com

Malam itu Pakde Diran --- begitu aku memanggilnya, datang berkunjung ke rumah kami. Ia membawa seperangkat kebaya pengantin lengkap dengan kain panjang bermotif beras wutah. Juga sekantung plastik entah berisi apa.

Usai berbincang sebentar dengan Ibu, Pakde Diran memanggilku. Memintaku untuk segera memakai setelan kebaya pengantin yang sengaja dibawanya itu. Semula aku ingin menolak. Tapi sorot mata Ibu membuatku surut.

"Sudahlah Mira. Manut saja apa kata Pakdemu. Bukankah kamu ingin menjadi penari tayub terkenal?" Ibu, yang bukan Ibu kandungku itu menegaskan. Ia lantas membantu melilitkan kain panjang pada tubuhku yang sintal.

Saat memasang kancing kebaya terakhir aku menoleh ke arah Pakde Diran yang berdiri tidak jauh dari jendela. Lelaki berumur itu tersenyum lebar menatapku. Tapi senyum itu, sungguh, di mataku terlihat amat sangat mengerikan.

Instingku pun bekerja cepat. Jangan-jangan Pakde Diran tengah merencanakan sesuatu dengan mengiming-imingi ingin membantuku menaikkan pamor sebagai penari tayub.

Ah, entahlah.

"Sudah beres, Nduk? Kalau sudah, kita berangkat sekarang!" Pakde Diran membuang sisa puntung rokok di tangannya. Aku mengangguk kecil. Lalu tanpa berani menatap mata Ibu aku bertanya, "Bu, sebenarnya Mira akan dibawa ke mana sama Pakde?"

"Wis talah, Nduk, manuto wae! Jangan banyak tanya!" Ibu menjawab ketus. Sontak mulutku kembali terkunci.

Ya, lagi-lagi aku harus diam, tidak berhak membantah satu kata pun. Aku harus manut apa kata mereka --- Ibu dan Pakde Diran. 

Bahkan ketika Pakde Diran membawaku mbrasak-mbrasak melewati semak belukar, melintasi jalan setapak yang becek dan licin, aku masih juga tak mampu menolak.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun