Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Yuk, Terapkan Pola Hidup Sehat agar Diabetes Tidak Berani Mendekat!

24 Maret 2021   10:47 Diperbarui: 24 Maret 2021   11:18 184 16 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Terapkan Pola Hidup Sehat agar Diabetes Tidak Berani Mendekat!
Sumber: prosehat.com


Kebetulan ruang praktik dokter tempat saya bekerja bersebelahan persis dengan ruang perawatan khusus penyandang luka Diabetes. Jadi hampir setiap hari saya menyaksikan pasien dari berbagai usia, jenis kelamin, dan status sosial duduk antre menunggu untuk ditangani.

Jumlahnya? Jangan ditanya! Ini fakta. Pasien dengan luka Diabetes ternyata jauh lebih banyak dari jumlah pasien pengidap penyakit lainnya.

Jujur, saya menguatkan hati setiap kali melihat kondisi para pasien tersebut. Sedih bercampur prihatin. Bagaimana tidak, setiap hari pemandangan seperti ini mesti saya temui; seorang nenek memapah suaminya karena salah satu kaki suaminya itu terdapat luka terbuka. Seorang suami menuntun istrinya yang masih muda berjalan terpincang-pincang dengan kaki bengkak dibungkus kresek, atau seorang anak mengantar orangtuanya yang duduk terpekur di atas kursi roda menunggu namanya dipanggil.

Waspada Diabetes Sejak Dini!

Jika di ruang sebelah menangani khusus pasien dengan luka Diabetes, maka di ruang  kami dokter menangani pasien yang bergejala dan positif mengidap Diabetes baik tanpa atau terdapat luka.

Sejauh mendampingi dokter, saya mencatat jumlah pasien terbanyak adalah pasien pengidap Diabetes. Jadi bukan hal yang aneh jika setiap menangani pasien --- dengan keluhan apa pun, dokter selalu meminta saya untuk mengecek kadar gula si pasien terlebih dulu sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kami selalu mencurigai. Khususnya kepada pasien yang datang dengan keluhan seperti: mudah lelah, kaki dan tangan terasa kebas, kesemutan, pandangan kabur, sering buang air kecil, dan napsu makan menurun drastis.

Biasanya pasien dengan gejala seperti ini setelah dilakukan tes, kadar gula darahnya terdeteksi tinggi. Yakni lebih dari angka 200 mg/dl. 

Sekadar info, gula darah normal (tidak puasa) berkisar antara 100 hingga 120 mg/dl.  

Gula darah normal. Sumber: siloamhospital.com
Gula darah normal. Sumber: siloamhospital.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x