Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Perilaku "Sok Tahu" dalam Lingkar Pandemi yang Harus Dihindari

11 Juli 2020   09:39 Diperbarui: 12 Juli 2020   02:15 615 35 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perilaku "Sok Tahu" dalam Lingkar Pandemi yang Harus Dihindari
ilustrasi tetap menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Yang penting sehat. Kalau Anda sehat, gak bisa ketularan (Covid-19). Kalau ketularan tanpa gejala atau gejala ringan, semuanya akan sembuh sendiri tanpa obat!

Duh, senangnya ketika membaca sekelebatan kalimat mencerahkan di atas. Kalimat itu saya temukan pada bagian lembaran print out yang dikliping oleh dokter. Dan, senangnya lagi, saya diizinkan untuk menyimak lebih lanjut isi kliping tersebut hingga tuntas.

Ternyata kliping tersebut adalah hasil rangkuman seminar yang disampaikan oleh Profesor. DR. H. Boediwarsono (BW), seorang Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Airlangga Surabaya berkenaan dengan masalah Covid-19.

Beruntungnya saya, yaa. Bisa mendapat tambahan ilmu dari para pakar meski hanya lewat tulisan. Paling tidak saya jadi tahu, apa yang seharusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan sehubungan dengan upaya menghadapi pandemi Corona yang sudah memasuki era new normal ini.

Lantas langkah apa saja sih yang bisa mendukung agar tubuh kita senantiasa tampil sehat dan prima? Berikut tips 5 "E" Sehat yang diberikan oleh Profesor Doktor BW. Cekidot, yaa.

1. Early Morning
Biasakan bangun pagi. Usai beribadah, hirup udara segar di alam sekitar. Udara segar bagus untuk paru-paru agar tetap terjaga kesehatannya.

2. Exercise
Yup! Olahraga, guys. Bisa olahraga jalan kaki, lari, atau bersepeda.

3. Eating Well
Hm. Konsumsi makanan sehat, yaa. Pastikan cukup asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita. Perbanyak sayur dan buah. Kurangi gula, garam, dan lemak.

4. Enjoy Life
Ahay! Usahakan, apa pun yang terjadi tetap tenang, hindari stress, dan nikmati hidup ini dengan positif thinking, optimis dan gembira.

5. Exposure
Nah, ini dia. Exposure to covid viral in the small amount, agar bisa membentuk natural antibody, yaa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x