Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Sering Mengalami Nyeri Otot dan Sendi? Kenali "Neuromusculoskeletal" Sejak Dini!

7 Maret 2020   05:36 Diperbarui: 7 Maret 2020   10:32 2088
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Aduh!

Suatu pagi, sekitar 4 bulan lalu, saat bangun tidur tiba-tiba saya merasakan bahu dan lengan kiri ngilu. Sulit digerakkan. Sakit sekali.

Semula saya mengira ini hanya ngilu biasa. Saya lantas mengingat-ingat, mungkin saya semalam salah mengambil posisi tidur atau orang Jawa biasa menyebutnya kecetit.

Saya berusaha meredakan rasa ngilu itu dengan mengolesi balsem. Berharap rasa sakitnya segera menghilang.

Tapi hingga berhari-hari rasa ngilu disertai nyeri tidak juga kunjung membaik. Bahkan semakin parah. Terutama pada tengah malam dan saat menjelang bangun tidur.

Sumber:https://www.csiortho.com
Sumber:https://www.csiortho.com
Sungguh, saya merasa sangat tersiksa. Rentang gerak tak lagi leluasa. Saya tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti mengikat rambut, melepas dan mengenakan baju dengan nyaman.

Keadaan seperti ini membuat saya memutuskan untuk pergi ke Puskesmas terdekat. Memeriksakan kondisi bahu dan lengan saya dengan harapan secepatnya mendapat pengobatan.

Setelah diperiksa sedemikian rupa oleh dokter Puskesmas, saya diberi obat pereda nyeri dan kalsium yang harus dikonsumsi selama satu Minggu. Dengan catatan, jika dalam satu Minggu kondisi lengan tidak juga membaik, saya diminta datang kembali untuk kontrol ulang.

Melakukan Berbagai Upaya Pengobatan

Setelah bolak-balik ke Puskesmas dan menghabiskan sebegitu banyak obat-obatan--- nyaris berminggu-minggu, namun rasa nyeri dan kaku pada bahu dan lengan tak juga kunjung mereda, sayapun mulai berupaya mencari pengobatan alternatif lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun