Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Anda Penulis? Waspadai Sindrom Piriformis!

11 April 2019   17:06 Diperbarui: 21 April 2021   17:10 7171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Sindrom Piriformis (Sumber: harianpijar.com)

Satu bulan belakangan, saya merasakan ada sesuatu yang mencurigakan pada tubuh saya. Setiap kali duduk saya merasa sakit yang luar biasa pada--maaf, daerah bokong. Serasa ada yang menekan. Nyeri banget. Seperti ditusuk-tusuk jarum.

Tentu saja hal ini membuat saya merasa sangat tidak nyaman. Apalagi mengingat pekerjaan saya dituntut lebih banyak duduk. Saya memberi les Bimbel dengan posisi duduk. Menulis pun demikian.

Awalnya saya menganggap apa yang saya alami bukanlah hal yang serius. Tapi setelah rasa nyeri menjalar--tidak lagi hanya di sekitar bokong--tapi sudah merambah ke bagian paha dan betis, barulah saya sadar. Sesegera mungkin kondisi ini harus dicari solusinya.

Pergi ke dokter?

Kali ini saya menahan diri untuk tidak terburu berkunjung ke Rumah Sakit. Sebab saya paham apa yang bakal dokter sarankan. Diminta rontgen, itu pasti. Diberi obat pereda nyeri, itu tentu.

Alhasil saya mencoba browsing-browsing seputar rasa nyeri yang menyerang bagian belakang tubuh saya ini. Dan, alhamdulillah. Saya pun berhasil mendapat pencerahan sekaligus solusi penanganannya.

Apa Itu Sindrom Piriformis?

Sindrom Piriformis adalah keadaan di mana otot Piriformis menekan saraf sciatic, yaitu saraf terbesar yang membentang dari punggung bagian bawah hingga ke area tungkai kaki. 

Otot Piriformis terletak di bagian bokong, memanjang hingga tulang paha. Otot Piriformis merupakan otot yang sangat penting karena bertugas membantu menyeimbangkan tubuh bagian bawah. Semisal saat kita berjalan atau ketika sedang mengangkat beban.

Bagian tubuh manusia. | Sumber: umarastore.com
Bagian tubuh manusia. | Sumber: umarastore.com
Lantas siapa saja yang rentan terserang Sindrom Piriformis ini?

Para pengemudi kendaraan besar, olahragawan seperti petenis, pemain ski, pesepeda, pekerja kantoran yang lebih banyak duduk di belakang meja, dan tentunya--para penulis, memiliki risiko terserang sindrom ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun