Mohon tunggu...
Lilik Fatimah Azzahra
Lilik Fatimah Azzahra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Seorang ibu yang suka membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Kista Payudara Membuat Saya Menyerah di Ruang Bedah

19 Desember 2018   08:48 Diperbarui: 20 Desember 2018   04:23 5679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi sakit Payudara. Foto iStockphoto | Sumber: grid.id

Ini bukan fiksi. This is my true story.

Saya menuliskan ini bukan bermaksud untuk meratap atau mengeluh. Tapi saya menuliskannya untuk sekadar berbagi pengalaman. Siapa tahu, barangkali dari sepenggal kisah tak seberapa ini bisa diambil "seketip" hikmah.

Tentang sakit 

Ya, sejak 3 tahun lalu saya mendapat 'titipan' manis dari Allah Swt. Sebuah benjolan kecil, awalnya sebesar pucuk kacang hijau. Berada tepat di bagian kiri dada saya. Karena merasa curiga saya segera menemui dokter, berkonsultasi sekaligus memeriksakannya. Alhasil dokter menyarankan agar saya segera menjalani USG untuk mengetahui jenis benjolan itu.

Hasil USG, benjolan terdeteksi sebagai kista payudara. Masih tergolong jinak. Saya bersyukur. Namun yang agak mengejutkan. Ternyata kista yang dititipkan kepada saya jumlahnya cukup banyak. Tidak hanya pada dada kiri saja. Tapi juga pada dada sebelah kanan.

Tentang Kista Payudara

Beberapa dari kita lebih familiar terhadap istilah kista rahim ketimbang kista payudara. Mulanya saya juga bertanya-tanya. Memang ada kista yang bercokol di payudara?

Ternyata ada. Dan saya sedang memilikinya.

Inilah penjelasan mengenai kista payudara.

Kista payudara adalah sebuah penyakit ketika di dalam payudara terdapat kantung berisi cairan. Kista membentuk benjolan bulat atau oval, menyerupai balon yang berisi air. Benjolan ini bisa berukuran kecil atau besar dengan diameter sekitar 1 sampai 2 inci (2.5 sampai 5 cm). Bila benjolan berukuran besar, jaringan payudara yang berada di dekatnya dapat tertekan dan menimbulkan rasa nyeri serta ketidaknyamanan pada payudara.

Penyakit ini dapat dialami oleh semua wanita. Namun, seringkali penyakit ini akan menyerang wanita yang berumur 35 tahun hingga 50 tahun yang belum mengalami menopause.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun