Idris Salam
Idris Salam Tenaga Pendidik

Guru|Belajar mengembangkan literasi dan menyalurkan hobi

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Secangkir Kopi Penyemangat Inspirasi

4 Februari 2018   13:33 Diperbarui: 4 Februari 2018   14:58 1117 4 2
Secangkir Kopi Penyemangat Inspirasi
Shutterstock

Kopi, siapa yang tidak mengetahui tentangnya, di catat dalam sejarah bahwa kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi. Pada abad ke-9 atau sekitar 3000 Tahun yang lalu, pertama kali kali ditemukan oleh bangsa Ethiopia di Benua Afrika, dimana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tertinggi. Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi sendiri berasal dari Bahasa Arab  Qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.

Pada zaman dahulu orang tidak menumbuk kopi kemudian diseduh. Pada awalnya, kopi hanya dikeringkan kemudian diseduh saja, baru setelah 500 Tahun ditemukan, muncullah  alat untuk menghancurkan biji kopi. Pada saat itu pengolahan biji kopi juga masih sangat sederhana. Dari zaman ke zaman kopi mulai berkembang ke seluruh penjuru dunia. Selain itu, sejarah kopi yang ada di Indonesia juga tidak terlepas dari peran Bagsa Belanda sebagai penjajah. Hal ini dikarenakan  bibit kopi pertama yang dibawa keindonesia merupakan bawaan dari pemerintahan belanda. Sejarah kopi di Indonesia dibagi menjadi tiga fase, yaitu pada saat penjajahan, setelah penjajahan, dan kopi era modern.

Kopi Pada Saat Penjajahan

Kopi yang dibawa oleh penjajah Belanda merupakan awal adanya kopi di Indonesia. Pada saat itu, salah satu komandan pasukan Belanda yang datang dari India membawa bibit kopi ke Batavia atau yang sekarang ini bernama Jakarta pada tahun 1696.

Komandan pasukan Belanda ini, memberikan bibi kopi dari bibit yang berkualitas unggul, namun sayangnya Batavia pada saat itu terkena banjir sehingga semua bibit kopi gagal dipanen.  Baru pada tahun 1700-an, kopi berhasil dibudidayakan di Indonesia. Sampai Indonesia merdeka, Belanda menjadi pemasok kopi terbesar di dunia.

Kopi Setelah Penjajahan

Sejarah kopi di Indonesia setelah penjajahan semakin berkembang pesat. Semua perkebunan dan pabrik kopi yang semula dikuasai  oleh pemerintahan Kolonial Belanda dinasionalisasikan dan menjadi milik Negara Indonesia. Namun perkembangan  perkebunan kopi setelah penjajahan sedikit terhambat.

Jenis- jenis kopi yang ditanam pada saat penjajahan, kebanyakan adalah kopi arabika dan robusta yang mempunyai daya jual rendah. Berkat kegigihan para petani kopi yang ada di Indonesia, akhirnya perkebunan kopi lambat lau semakin berkembang. Perkebunan kopi sempat pasang dan surut, terlebih tidak lama setelah Indonesia merdeka terjadi krisis politik dan ekonomi yang menggangu kestabilan. Pada saat itu, perkebunan kopi juga terkena imbasnya.

Kopi Pada Era Modern

Setelah era tahun 2000an, perkembangan kopi kembali melejit. Di tahun ini masuklah era modern kopi. Sejak saat itu, kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Apalagi olahan kopi sejak saati itu semakin bervariasi. Tidak hanya kopi hitam yang berasa pahit saja, namun sudah banyak kopi  dengan rasa nikmat.

Pada tahun 2000an ini, di Indonesia mulai ditemukan kopi jenis baru yaitu kopi luwak. Kehadiran kopi jenis baru ini membuat komoditi kopi di Indonesia semakin berkembang maju. Di Indonesia sendiri, jenis kopi luwak lebih disukai karena rasanya yang lebih ringan untuk dikonsumsi para penderita sakit mag.    

Sejarah kopi yang ada di Indonesia dari dulu sampai sekarang ini memang sangatlah panjang. Namun sebagai bangsa, Indonesia patut untuk berterimakasih kepada pemerintahan kolonial Belanda pada masa itu. Hal ini dikarenakan jika saja Indonesia tidak dijajah Belanda, maka tanaman kopi mungkin saja tidak akan sampai di Indonesia dan Indonesia tidak akan menjadi pemasok terbesar kopi di seluruh dunia.

Perkembangan perkebunan kopi di Indonesia sekarang ini semakin pesat, apalagi kopi sekarang ini menjadi salah satu minuman favorit banyak orang.

Kandungan senyawa yang terdapat pada kopi adalah kafein. Sebab kafein berfungsi berangsang sistem syaraf pusat atau psikomotorik, menghadirkan sensasi segar, penuh tenaga, dan menghilangkan kantuk untuk sementara. Ketika kita menikmati secangkir kopi sensasi yang ditimbulkan dari secangkir kopi terasa seperti menghadirkan tenaga dan menambah inspirasi untuk melakukan sesuatu.

Kopi adalah salah satu minuman yang di gemari di berbagai Negara dan  sangatlah di sukai berbagai kalangan remaja, dewasa ataupun orang tua. Di zaman sekarang tidak sulit menemukan kopi, karena sudah tersedia dalam bentuk yang sederhana seperti kopi kemasan yang sudah banyak di produksi oleh pabrik-pabrik penghasil kopi.

Selain kopi sebagai minuman yang di gemari, saya juga sebagai penikmat kopi tentunya menikmati dari segelas kopi yang di minum memilki sensasi meningkatkan kerja psikomotorik. Bagi  orang-orang yang penikmat kopi lebih bersemangat, tidak cepat lelah atau tindak ngantuk dalam melakukan hal seperti tugas kantor, tugas kuliah, melakukan pekerjaan berat atau ringan. Tentunya anda juga penikmat kopi sensasinya begitu bukan?.  Tentunya sudah dirasakan sensasi pada saat menikmati secangkir kopi hangat.

Penikmat kopi di zaman ini sudah tidak kesulitan untuk menemukan selera kopi yang diinginkan, banyak jenis kopi yang mudah ditemukan ditoko-toko besar maupun pedagang kecil sudah menyediakan berbagai macam kopi. Disajikan dengan segelas air hangat lalu di tuangkan kedalam gelas sudah jadi segelas kopi. Selain itu, di zaman modern ini kopi menjadi hal komersil yang disediakan di berbagai tempat kelas atas seperti kafe-kafe, restaurant pun menyediakan kopi dengan berbagai macam varian rasa. Kini kopi makin di minati dan di gemari oleh semua kalangan, bagaimana dengan anda apakah menyukai kopi?.