Mohon tunggu...
Elex Media Komputindo
Elex Media Komputindo Mohon Tunggu... Laman ini adalah akun penerbit Elex Media Komputindo untuk menyajikan informasi seputar buku dan perbukuan.

Laman ini adalah akun penerbit Elex Media Komputindo untuk menyajikan informasi seputar buku dan perbukuan.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bisnis Cerita

17 Oktober 2019   13:00 Diperbarui: 17 Oktober 2019   13:11 0 2 2 Mohon Tunggu...
Bisnis Cerita
dok. Elex Media Komputindo

Berbisnis tidak melulu berkutat dengan daya-nalar berbentuk harga dan diskon. Calon pembeli ternyata juga menimbang daya-cipta sebelum memilih produk. Daya nalar berurusan dengan otak kiri. Ada pun afeksi berurusan dengan daya-cipta.

Daniel H. Pink memaparkan panjang-lebar betapa penting dan menentukan memahami dan menguasai otak kanan untuk sintas di abad ke-21 dalam buku A Whole New Mind, baik sebagai pribadi maupun institusi. 

Buku ini sudah dialihbahasakan oleh penerbit Elex Media Komputindo dan beredar sejak Februari 2019 di tokobuku. Artikel berikut ini adalah nukilan yang diambil dari buku tersebut mengenai bisnis [yang mengandalkan] cerita.

==

Robert McKee adalah salah satu figur paling berpengaruh di hollywood, tapi Anda tidak akan pernah melihat wajahnya di layar atau namanya dalam daftar nama yang di penghujung film. 

Selama lima belas tahun terakhir, dalam seminar tiga hari di Amerika Serikat dan Eropa, McKee telah mengajar para penulis naskah muda untuk membuat kisah yang memikat. Sekitar empat puluh ribu orang telah membayar 600 dollar untuk Seminar Cerita-nya. Dan murid-muridnya telah memenangkan dua puluh enam Academy Awards (Piala Oscar). 

Siapa pun yang ingin menulis naskah film mulai lah dengan membaca bukunya--Story: Substance, Structure, Style, and The Principle of Screenwriting. Kendati demikian, belakangan ini McKee juga menarik minas orang-orang di luar bisnis layar-perak, yakni mereka yang bersentuhan dengan bisnis film saat mereka membeli tiket dan popcorn di bioskop lokal, yaitu para eksekutif, pengusaha, dan pekerja bisnis tradisional.

Untuk apa mereka meminta nasihat McKee? Saya akan menuliskan jawabannya dengan kata-kata sang ahli yang berapi-api itu sendiri: 

Meskipun para pebisnis sering kali mencurigai berbagai cerita..., faktanya statistik digunakan untuk berbohong, sementara laporan akuntansi sering kali tidak bisa dipercaya.... Jika seorang pebisnis memahami bahwa pikirannya sendiri secara alami ingin meringkus pengalaman dalam sepenggal kisah, maka kunci untuk menggugah audiens bukan dengan menahan, melainkan merangkul dorongan ini.


Banyak bisnis yang sekarang menyadari bahwa cerita berarti panen uang. Ahli ekonomi Deirdre McCloskey dan Arjo Klamer menghitung bahwa persuasi---iklan, konseling, konsultasi, dan sebagainya---menyumbang 25 persen kepada GDP (gross domestic product) Amerika Serikat. Apabila, sebagaimana yang dikatakan sebagian orang, Cerita merupakan setengah bagian berbagai upaya persuasif tersebut, maka Cerita bernilai sekitar satu triliun dollar setahun bagi perekonomian Amerika.

Begitu lah, banyak perusahaan mulai merangkul etos cerita yang didorong oleh McKee dan orang seperti dia---sering kali menggunakan cara-cara yang tidak lazim.
Contoh paling nyata adalah gerakan yang baru muncul, bernama cerita perusahaan, yang ingin menyadarkan perusahan tentang berbagai kisah yang ada dalam lingkup mereka dan menggunakan hal tersebut untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4