Mohon tunggu...
Elena Alissa Soegiarto
Elena Alissa Soegiarto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Keju Dangke Khas Indonesia: Produk Bioteknologi Tinggi Protein?

9 Januari 2022   19:01 Diperbarui: 9 Januari 2022   19:09 536 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keju Dangke (Sumber: instagram.com/khasenrekang)

Biasanya kita mengenal keju sebagai salah satu produk yang umumnya paling banyak di produksi di negara Eropa. Terdapat berbagai macam jenis keju yang masing -- masing memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda -- beda. Ternyata, Indonesia juga memiliki keju tradisional yang berasal dari Enrekang, Sulawesi Selatan, seringkali disebut dengan Keju Dangke

Keju dangke merupakan keju bioteknologi tradisional yang terbuat dari susu yang digumpalkan dengan menggunakan penambahan enzim. Produk ini dikenal pada tahun 1905 yang sekarang menjadi usaha berskala rumah tangga. 

Pembuatan keju ini menjadi tempat penggunaan susu hasil ternak agar tidak terbuang karena penolakan produksi susu ternak di Jawa. Biasanya, pembuatan keju dangke dilakukan oleh rumah tangga peternak sehingga susu yang digunakan merupakan susu hasil peternakannya sendiri. Hal ini menjadi motivasi bagi peternak agar terus berkembang dan meningkatkan konsumsi susu.

Proses pembuatan keju dangke ini gimana sih? Pembuatan keju dangke melewati 5 tahap, yaitu pemanasan, pencampuran, penyaringan, pencetakan, dan pengemasan.

1. Pemanasan

Susu akan dipanaskan diatas api menggunakan panci, api cukup kecil saja sambil diaduk agar pemanasan merata. Waktu yang digunakan untuk pemanasan tergantung oleh volume susu dan pengalaman pekerja.

2. Pencampuran

Susu dicampur dengan menggunakan enzim papain yang didapatkan dari larutan getah papaya. Enzim tersebut berfungsi untuk menggumpalkan susu agar membentuk 2 fase yaitu, curd dan whey.

3. Penyaringan

Dilakukan penyaringan dari hasil pencampuran susu dan enzim agar memisahkan kedua fase yang telah terbentuk. Curd merupakan hasil penggumpalan susu sedangkan whey adalah cairan yang terpisah dari reaksi penggumpalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan