Mohon tunggu...
Eldo Ananda Putra
Eldo Ananda Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa D4 Perhotelan H 2019 STP Trisakti, Awardee Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Hai. Saya Eldo Ananda Putra, Mahasiswa D4 Perhotelan H 2019 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Saya merupakan Awardee Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saya Harap dapat membagikan sesuatu yang bermanfaat. Terima kasih

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tur Virtual: Jawaban Wisatawan untuk Berwisata pada Pandemi

16 Maret 2021   12:18 Diperbarui: 18 Maret 2021   09:56 48 2 0 Mohon Tunggu...

Hai. Saya Eldo Ananda Putra, Mahasiswa D4 Perhotelan H 2019 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Saya merupakan Awardee Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saya Harap dapat membagikan sesuatu yang bermanfaat. Terima kasih 

Pada awal tahun 2020, wabah Covid-19 menyebar dan telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. Hal ini berimbas pada hampir seluruh sektor yang ada di dunia. Perekonomian dunia pun sangat kritis karena lockdown yang diberlakukan guna untuk memutus rantai penyebaran wabah ini. Pariwisata adalah salah satu sektor yang sangat berimbas karena orang-orang yang sangat takut untuk keluar rumah dan melakukan aktivitas. Social distancing adalah salah satu yang dilakukan oleh karena itu, tempat wisata tidak dikunjungi. Dunia penerbangan turun hingga 80% pada awal tahun dan diperkirakan 17 ribu pesawat diparkir di seluruh bandara dunia.

Di sisi lain, globalisasi yang dipicu oleh modernisasi menimbulkan dunia baru yang sangat luas. Salah satu dampak yang paling bisa dilihat yaitu internet. Internet menjadi penghubung seluruh dunia dalam melakukan aktivitasnya. Hal ini memicu dunia kreatif yang tidak ada batasannya dan menjadi lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang yang mengerti hal positif apa yang dapat diambil. Dengan majunya teknologi dan riset, teknologi internet yang di perkenalkan dan mulai diimplementasikan yaitu teknologi 5G, orang dapat melakukan prosedur operasi dengan menggunakan robot 


yang dikoneksikan dengan internet dan lainnya. Hal positif ini dapat diambil oleh insan pariwisata dalam mengembangkan serta mengimplementasikan teknologi dalam promosi pariwisata di Indonesia. Virtual Tour adalah salah satu solusi yang dapat di aplikasi karena, dengan merasakan pengalaman berada di 360 derajat daerah tujuan wisata  tana harus mengunjungi daerah tersebut secara langsung. Pada awalnya, memang virtual tour ini dapat berguna sebagai media promosi agar pelancong ataupun tourist dapat explore daerah yang ingin disinggahi secara mudah dan tidak memakan biaya yang banyak.

Indonesia telah melakukan hal ini, dengan aplikasi "IndonesiaVirtualTour", aplikasi ini menyuguhkan Virtual Tour yang dapat membawa penikmatnya berkeliling. Inovasi ini dapat membawa negara ini tetap mengembangkan pariwisata dan memperkenalkan budaya kepada dunia bahkan pada wabah seperti ini. Prospek lapangan kerja kreatif dapat dikembangkan agar ekonomi negeri ini dapat bergerak dan dapat menghasilkan devisa negara. Indonesia dapat memberikan alamnya kepada dunia, dan mereka dapat merasakannya. Orang-orang cenderung melakukan sesuatu yang bermanfaat pada saat social distancing ini, orang-orang yang suka bepergian dapat merasakan sensasi berjalan di alam terbuka. Ini solusi yang sangat tepat karena adanya market dan kita sebagai pengusaha ataupun stake holder dapat menjadikannya media promosi sekaligus upaya membangkitkan pariwisata dengan memperkenalkan tempat-tempat wisata seperti 10 bali baru, Desa Wisata yang telah dikembangkan, alam terbuka, Taman Nasional, dan lainnya.

Bisa dibayangkan jika wabah ini selesai dan kita tetap mengembangkan inovasi ini menjadi lebih baik, ini bisa menjadi solusi jangka panjang karena turis membayar kepada virtual tour, dan jika kita dapat memberikan kenangan yang baik, mereka dapat berkunjung langsung ke tujuan wisata yang telah dia lakukan virtual tour sebelumnya karena, dia dapat mengetahui alamnya secara 360 derajat dan dapat melihat semuanya. Para turis biasanya melihat iklan video yang biasanya tidak menggambarkan lingkungan wisata tersebut secara keseluruhan dan hanya memperkenalkan lingkungan tersebut sebagai "wisata yang sangat bagus" dan turis  berekspetasi tinggi dengan itu, tetapi dengan virtual tour, media ini dapat menjadi jawaban yang tepat bagaimana seorang turis dapat menggambarkan lingkungan wisata yang ingin dia kunjungi.

Pada zaman yang modern ini, banyak prospek kreatif baru yang dapat kita gali untuk membuat inovasi baru, banyak penelitian dan uji coba yang terus menerus dilakukan agar orang dapat membuat inovasi. Sebelumnya, belum ada pekerjaan digital marketing, tetapi dengan perubahan zaman, banyak lapangan kerja yang baru terbuka untuk publik dan membuat kompetensi secara sehat agar orang-orang dapat berproduktif dan kreatif. Dengan berkembanganya negara Indonesia, serta telah memiliki teknologi yang cukup untuk melakukan kegiatan virtual tour ini.

Selain itu, kita juga dapt melakukan virtual tour ini lebih sederhana, dengan live streaming dan dipandu oleh tour guide setempat, serta memiliki akses web dan internet yang stabil, kita dapat melakukan tour secara virtual yang lebih sederhana kita dapat melakukan virtual tour dengan kemasan yang lebih menarik karena adanya narasi, suara alam yang disajikan secara langsung kepada penontonnya. Sebuah prospek inovasi yang sangat kreatif apabila kita dapat menciptakan inovasi yang positif dalam menggunakan teknologi yang ada serta mengembangkannya menjadi lebih baik agar kita dapat mengedukasi, tidak hanya dengan menyuguhkan alam yang asri dan menjadikannya profit untuk diri kita sendiri dalam mencapai suatu kesuksesan.

VIDEO PILIHAN