Mohon tunggu...
Elde Mercyano
Elde Mercyano Mohon Tunggu... /elde

Loyola XID/10

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apa Itu Stem Cell? Memangnya Berguna?

25 Agustus 2019   12:25 Diperbarui: 25 Agustus 2019   13:52 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hai sobat biologi semuaaaaaa!!

Kalian tau gak sih apa itu stem cell?

Stem cell buat apa sih?

Stem cell maksudnya gimana sih?

Mungkin beberapa orang kurang mengerti apa itu stem cell dan beberapa orang sudah mengerti sedikit tentang stem cell. Nah, di artikel ini saya akan kupas lebih dalam lagi mengenai stem cell.

Kalo mau tau lebih dalam lagi tentang stem cell, baca essay ini sampai tuntas ya sobat!

Pengertian Sel

Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun makhluk hidup dalam tingkatan organisasi kehidupan. Kata Sel berasal dari bahasa Yunani, yaitu "Cellula" atau "cella" yang artinya ruang kosong. Tubuh dari organisme terdiri dari sistem organ, sistem organ disusun oleh organ, organ dibentuk oleh jaringan, dan jaringan dibentuk dari sel. Intinya setiap makhluk hidup memiliki sel yang menjadi penyusun dasar tubuh mereka. Sel mengatur dan mengolah semua informasi sehingga dapat menjalankan fungsi kehidupan pada makhluk hidup.

Stem Cell

Stem cell adalah sel-sel yang bertanggung jawab untuk menciptakan sel-sel baru. Kasarnya stem cell adalah pabrik dari sel-sel apapun dari makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Apapun selnya, entah sel mata, sel kulit, sel rambut, sel ginjal, dan lain sebagainya, semua berasal dari stem cell.

Stem cell atau dalam bahasa Indonesia disebut sel punca nampaknya semakin sering disebut-sebut dalam berbagai media, baik cetak maupun elektronik. Stem cell sering disebut-sebut sebagai harapan baru bagi sebagian besar problem medis manusia. Kebanyakan dari kita sering mendengar istilah ini namun tidak terlalu mengetahui definisi dan fungsi dari stem cell tersebut. Sebenarnya apakah stem cell itu? Dalam essay ini, saya akan menjelaskan secara singkat dengan bahasa yang mudah dipahami mengenai apakah stem cell itu dan bagaimana penerapannya dalam dunia medis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x